Daerah

KPU Kota Banjar Lanjutkan Program Gerakan Literasi Demokrasi Calon Pemilih Pemula Tingkat SMA/SMK dan MA

Anjar Anjar
KPU Kota Banjar Lanjutkan Program Gerakan Literasi Demokrasi Calon Pemilih Pemula Tingkat SMA/SMK dan MA

BANJAR, Pesisirnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar masih melanjutkan program Gerakan Literasi Demokrasi (Gladi) dengan sasaran calon pemilih pemula tingkat SMA/SMK dan MA.

Kegiatan Gladi sendiri bertujuan memberikan edukasi soal pemilu dan demokrasi secara umum kepada pemilih pemula dan persiapan penyelenggaraan pemilu 2024, baik pemilu maupun pilkada.

Menurut Ketua Divisi Sosialisasi partisipasi masyarakat dan SDM KPU Kota Banjar Geri Garyadina, seusai kegiatan Gladi di SMK Pasundan 1 Kota Banjar, Rabu (6/10/2021), menyampaikan dalam kegiatan Gladi ini diharapkan pada perhelatan Pemilu dan Pilkada 2024 nanti, para pemilih pemula bisa menjadi pemilih yang rasional.

“Di sini kami mencoba membekali para pemilih pemula ini beberapa pengetahuan literasi demokrasi. Dan ke depannya informasi ini diharapkan bisa mereka tularkan kepada teman-teman di sekolahnya begitupula bisa ditularkan kepada masyarakat sesuai di mana domisili adik-adik di sekolah ini. Jadi bukan hanya berhenti pada anak-anak sekolah saja tapi bisa sampai ke seluruh elemen masyarakat, khususnya para pemilih yang ada di Kota Banjar,” ucapnya.

Program Gladi dari KPU sendiri direncanakan menyasar 14 SMA/SMK dan MA di Kota Banjar. Dan sampai saat ini sudah 12 sekolah yang dikunjungi KPU.

Sementara dari data yang di dapat dari KPU, pemilih pemula di Kota Banjar ada sekitar 52% lebih, termasuk diantaranya usia pelajar di tingkat SMA/SMK dan MA. (Lies)

Penulis: Lies

Penulis: Anjar

Editor: Anjar