Daerah

LAMR Inhil Gelar Tepung Tawar kepada Dandim 0314/Inhil Beserta Jajaran Forkopimda


LAMR Inhil Gelar Tepung Tawar kepada Dandim 0314/Inhil  Beserta Jajaran Forkopimda

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Sebagai bentuk penghormatan, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menggelar Tepuk Tepung Tawar kepada Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han), Kapolres Inhil, AKBP Norhayat, SIK, Kepala Pengadilan Agama Tembilahan dan Kepala Pengadilan Negeri Tembilahan, Sabtu (10/9/2022) malam.

Diiringi dengan Berdah, Tepuk Tepung Tawar ini dilangsungkan di Gedung Engku Kelana Tembilahan.

“Tepuk tepung tawar merupakan bagian dari adat Melayu dalam memberikan penghormatan. Alhamdulillah hari ini kita langsungkan tepuk tepung tawar Dandim,Kapolres, Kepala Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama ini semoga dapat menjalankan tugas dengan baik,” ujar Ketua DPH LAMR Inhil Said Syarifudin.

Senada itu, Datuk Sri Amanah (Bupati lnhil) HM. Wardan mengatakan bahwa upacara tepuk tepung tawar juga artinya adalah ucapan penerimaan yaitu untuk menerima kedatangan, kehadiran para pejabat di lingkungan Forkopimda yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.

Tepung tawar merupakan salah satu kebudayaan melayu yang sangat sakral, ia-nya merupakan perwujudan rasa syukur kita dengan kehadiran pemimpin baru kemudian juga ia-nya merupakan permohonan doa selamat, doa tolak bala, doa keberkahan kepada Allah SWT, di mana dalam prosesinya digunakan dengan simbol-simbol Melayu yang bernafaskan Islam, adat bersendikan sara, sara bersendikan kitabullah dan sunah Rasulullah SAW.

Dengan upacara tepuk tepung tawar ini kita bermohon doa kepada Allah SWT semoga kehadiran pimpinan pimpinan kita yang pada malam hari ini di laksanakan acara tepuk tepung tawarnya, mudah-mudahan langgeng selama mengabdi dan menjadi warga masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir dengan senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT diberikan kesuksesan di dalam melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan serta apabila keluar dari Kabupaten Indragiri Hilir, mendapatkan jabatan yang lebih baik dan meningkat.

Sementara itu, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han) mengucapkan terima kasih kepada pemangku adat di Kabupaten Inhil atas tunjuk ajar serta dukungan yang diberikan kepadanya dalam menjalankan amanat negara menjadi Dandim 0314/Inhil.

“Dukungan dari tokoh-tokoh LAMR Inhil sangat kami perlukan dalam mengemban tugas ini. Dalam kami,” ungkapnya.

Dandim juga mengaku akan terus membangun komunikasi dan silaturahim kepada semua pihak karena TNI akan terus selalu bersama-sama dengan rakyat untuk menciptakan Kabupaten lnhil yang lebih maju sejahtera, aman dan berkepribadian Pancasila.

“Saya juga mohon bimbingan petunjuk dan doa restu kepada tokoh adat selaku orangtua dan berharap juga semoga kami selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas. Dengan segala kerendahan hati dan hormat kepada seluruh pimpinan Forkopimda, rekan Polri, Tokoh Agama, tokoh masyarakat,menerima kami menjadi bagian tim yang besar ini dan mendedikasikan kepada masyarakat lndragiri Hilir demi membangun lnhil di segala bidang. Insya Allah kami akan memberikan segenap dedikasi bersama semua elemen masyarakat lnhil,” ujarnya.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada negara dan bangsa ini,” pungkasnya. (PNC/rls)

Penulis:

Editor: Anjar