Daerah

Laskar Pangeran Antasari Riau dan Rano Kirman Center Gelar Khitanan Massal Gratis

Anjar Anjar
Laskar Pangeran Antasari Riau dan Rano Kirman Center Gelar Khitanan Massal Gratis

KEMPAS (Pesisirnews.com) - Laskar Pangeran Antasari (LAPAN) Provinsi Riau dan Rano Kirman Center menggelar kegiatan Bakti Sosial Khitanan massal, bertempat di Kediaman Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Laskar Pangeran Antasari di Desa harapan tani Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (1/9/).

Khitanan massal tersebut diikuti 18 anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kelurahan Harapan Tani, Kecamatan Kempas.

Tutut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Lapan Provinsi Riau, H Yune Indrawan SH, Mkn, beserta pengurus, dokter Rano Kirman, Sekretaris Lapan Provinsi Riau, Muridi Susandi, Ketua Dewan Perwakilan Cabang Lapan Kecamatan Kempas Ahmad Rajuli.SE, serta tokoh masyarakat Desa harapan tani.

Ketua Laskar Pangeran Antasari (LAPAN) Provinsi Riau, H Yune Indrawan SH, Mkn, mengatakan, anak yang di khitan 100 persen gratis tidak dipungut biaya apapun.

“Dalam khitanan massal ini ada 2 orang petugas khitan, di mana terdiri dari satu orang dokter, yaitu dokter Rano Kirman dan satu paramedis yang berasal dari perawat,” kata Yune.

Sementara itu, dalam sambutannya Yune, menyampaikan kegiatan ini ditaja oleh Lapan Riau dan Rano Kirman Center. Yune menyebutkan khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

Sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting, yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

“Saya mengapresiasi Ketua Dewan Perwakilan Cabang Laskar Pangeran Antasari, Kecamatan Kempas, Ahmad Rajuli.SE, beserta seluruh panitia pelaksana, atas terselenggaranya khitanan massal ini dan semoga kegiatan ini dapat terus dijadikan agenda rutin tahunan,” ujar Yune.

Yune Indrawan, menambahkan, dengan kegiatan khitanan massal gratis ini setidaknya dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat disaat ekonomi sedang sulit.

Dokter Rano Kirman yang juga merupakan Wakil Ketua 1 Lapan Riau, menambahkan melalui kegiatan ini kami ingin membuktikan bahwa keberadaan organisasi kami Lapan Riau konsisten menjalankan komitmennya untuk peduli membantu masyarakat.

Lebih lanjut, Rano juga menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud pengabdian Kami kepada masyarakat sekaligus bentuk implementasi dari nilai-nilai sosial yang dimiliki Lapan Riau melalui program kegiatan Bakti Sosial.

Suryati (45) orang tua anak yang di khitan mengucapkan banyak terima kasih kepada Lapan Riau dan dokter Rano Kirman, juga segenap panitianya yang telah sabar melayani anaknya.

“Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah membalas kebaikan bapak/ibu dan semoga Lapan Riau selalu maju,” ujarnya. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f