Daerah

Mengenal Masyarakat Raja Laut, Berjuang Membawa Peradaban Kota Dumai ke Ranah Internasional

Anjar Anjar
Mengenal Masyarakat Raja Laut, Berjuang Membawa Peradaban Kota Dumai ke Ranah Internasional

Freddy Hasiholan (Ketua Tim Peneliti Sejarah Dumai - kiri) dan beberapa pengurus Masyarakat Raja Laut (MRL). (Kredit Foto : Dok. Fb Sejarah Dumai/MLR/Pesisirnews.com)

loading...

DUMAI, Pesisirnews.com - Masyarakat Raja Laut (MRL) atau dalam istilah lain disebut ‘Sea King Society’ merupakan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), yang secara resmi berdiri pada awal tahun 2019.

Selain sebagai wadah organisasi masyarakat, perkumpulan ini juga memiliki cita-cita luhur untuk mengkaji kembali sejarah peradaban Kota Dumai melalui berbagai kisah petualangan dan kepahlawanan para Raja Laut Melayu dari abad 100 SM sampai 1850 M.

Para Raja Laut Melayu, atau disebut ‘Malay Thalassocracy’ tidak hanya berkuasa di daratan, tapi lebih dominan kekuasaaanya di lautan. Beberapa diantaranya adalah Panghulu Domei, Datuk Laksamana Bukit Batu, Laksamana Hang Nadim, Raja Dilawang Antan Dilaut dan lainnya.

Kajian yang dilakukan MLR kepada para Raja Laut Melayu yang berkuasa dari Selat Malaka hingga ke Madagaskar, dan dari Selat Malaka hingga ke Laut Cina Selatan dilakukan bukan berdasarkan dari cerita-cerita legenda yang berkembang di masyarakat, melainkan dilakukan berdasarkan bukti-bukti kesejarahan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar