Daerah

Pandemi Covid-19 Tak Halangi Geliat Pembangunan di Desa Pulau Rengas

Anjar Anjar
Pandemi Covid-19 Tak Halangi Geliat Pembangunan di Desa Pulau Rengas

Kepala Desa Pulau Rengas, Lion Miskanto, (kanan), fokus bangun desa di tengah pandemi Covid-19. Foto: zul/Pesisirnews.com.

loading...

TALUK KUANTAN, Pesisirnews.com - Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan. Pasalnya, pemerintah desa mesti melakukan ‘refocusing’ (memfokuskan kembali-red), anggaran Dana Desa untuk penanggulangan Covid-19 di wilayah desa.

Begitupun di Pemerintahan Desa Pulau Rengas, Kecamatan Pangean, Kuansing. Meski penanggulangan Covid-19 menjadi tugas utama, namun hal itu tidak menghentikan program pembangunan lainnya yang sudah menjadi tugas pemerintah desa.

Kepala Desa Pulau Rengas Lion Miskanto mengatakan, memang di masa pandemi Covid-19 ini memiliki tantangan tersendiri bagi pemerintah desa dalam menjalankan pembangunan. Pemerintah desa harus selektif dalam menjalankan program pembangunan, karenanya penanganan soal Covid-19 harus diutamakan.

"Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan baik. Melalui dana desa tahun ini kegiatan penanganan Covid-19 dan pembangunan infrastruktur di Desa Pulau Rengas bisa dijalankan," ujar Kades saat bincang-bincang dengan Pesisirnews.com di kediamannya, Sabtu (24/10/2020).

Dikatakan Lion, adapun kegiatan yang tetap dijalankan di tengah pandemi ini adalah, pemasangan lampu penerangan jalan sebanyak 250 titik dan semenisasi jalan permukiman sepanjang 320 meter. Program ini tetap dilaksanakan karena sudah mendesak dan dibutuhkan masyarakat.

"Ya, selain penanganan Covid-19 dan penyaluran bantuan langsung tunai bagi warga yang terdampak pandemi, tahun ini kita juga ada melaksanakan kegiatan semenisasi jalan dan pemasangan lampu penerangan jalan. Jadi kegiatan yang dilaksanakan ini memang prioritas dan sangat dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Sementara disisi lain, Kades Lion menambahkan, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pihaknya fokus mengembangkan perekonomian masyarakat. Saat ini BUMDes Pulau Rengas sudah berjalan meskipun baru menjalankan beberapa unit usaha. Kedepan ia bertekad mendorong pengembangan usaha BUMDes dengan penyertaan modal melalui Dana Desa.

"Tujuan dari BUMDes ini selain untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, juga untuk mewujudkan desa mandiri. Maka itu pemerintah desa akan terus mendorong pengembangan kemajuan BUMDes,” ujarnya.

Saat ini BUMDes Desa Pulau Rengas memilik beberapa unit usaha yaitu, perdagangan Gas LPG dan buah kelapa sawit. “Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik. Kedepan tentunya kita tingkatkan lagi dengan menggali potensi unit usaha baru yang bisa dikelola oleh BUMDes,” terangnya.

Lanjutnya, dalam pengembagan BUMDes itu pemerintah Desa Pulau Rengas tidak akan membatasi anggaran modal yang diusulkan oleh pengelola selagi usaha yang dijalankan dapat bermanfaat dan tidak merugikan masyarakat desa.

"Hal ini sejalan dengan program Desa Pulau Rengas bahwa kedepan lebih memfokuskan program pemberdayaan perekonomian. “Karena kebutuhan infrastruktur dasar hampir sudah terpenuhi, maka itu kita tidak akan membatasi modal BUMDes,” ungkapnya.

"Selagi peluang usaha yang dijalankan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan mendongkrak pendapatan desa tentu akan kita tambah modalnya. Karena BUMDes ini bisa mengangkat perekonomian desa kedepannya," pungkas Kades Lion yang sudah tiga periode mengabdi sebagai kepala desa.

Penulis: Zul Efendi

Editor: Anjar