Daerah

Pemprov Riau Asuransikan Ribuan Hewan Ternak Jenis Sapi dan Kerbau Indukan

Anjar Anjar
Pemprov Riau Asuransikan Ribuan Hewan Ternak Jenis Sapi dan Kerbau Indukan

Ilustrasi: (Int)

PEKANBARU, Pesisirnews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberikan subsidi pembayaran polis asuransi bagi hewan ternak jenis sapi dan kerbau indukan di Riau dengan total kuota asuransi ternak yang dibayarkan pada 2021 untuk 4.000 ekor.

"Sebanyak 4.000 ekor ternak sapi itu dibayarkan polis asuransinya per ekor Rp200.000per tahun," kata Kepala Dinas Peternakan Riau, Rahmat Setyawan kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (3/9).

Dia mengatakan subsidi tersebut masing-masing ditanggung pemerintah pusat sebesar 80 persen (Rp160.000) dan ditanggung pemerintah daerah sebesar 20 persen (Rp40.000).

Menurut dia, subsidi asuransi ini dibayarkan untuk membantu peternak jika terjadi musibah terhadap ternaknya dan seekor ternak dengan nilai pertanggungan asuransinya mencapai Rp10 juta pertahun.

Apalagi usaha peternakan secara umum memiliki berbagai resiko yang belum dapat dimitigasi dengan baik akibat kematian, kecelakaan, kehilangan/kecurian, bencana alam termasuk wabah penyakit dan fluktuasi harga.

"Dengan adanya asuransi usaha ternak sapi (AUTS) adalah memberikan ketentraman dan ketenangan sehingga peternak dapat memusatkan perhatian pada pengelolaan usaha dengan lebih baik," katanya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar