Daerah

Polres Banjar Polda Jabar Gelar Konferensi Pers Paparkan Kegiatan Selama Tahun 2022


Polres Banjar Polda Jabar Gelar Konferensi Pers Paparkan Kegiatan Selama Tahun 2022

BANJAR (Pesisirews.com) - Polres Banjar Polda Jabar melakukan Press Conference akhir tahun 2022 sekaligus ramah tamah dengan rekan media dari media cetak, Online, media elektronik baik TV maupun radio, di ruang aula Polres Banjar, Sabtu (31/12/2022).

Kegiatan diisi dengan penyampaian tindak pidana umum, narkoba, perlindungan anak dan perempuan, Kecelakaan Lalu lintas yang dipaparkan oleh Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,SH.,S.I.K,M.M yang didampingi Waka Polres Banjar dan para Pejabat Utama Polres lainnya, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disampaikan oleh awak media yang hadir.

Kapolres Banjar dalam Press Conference menyampaikan terkait gangguan Kamtibmas di tahun 2021 dan 2022 dari jumlah tindak pidana yang ada, bahwa ada kenaikan tindak pidana.Dari tahun 2021 ada 134 tindak pidana dan tahun 2022 ada 176 tindak pidana, artinya ada kenaikan 28 persen.

"Namun untuk penyelesaian tindak pidana pun ada kenaikan 28 persen. Jadi dari 92 penyelesaian tindak pidana menjadi 110 penyelesaian tindak pidana,”ucapnya.

Selanjutnya untuk kasus narkoba ada kenaikan 2 kasus dari sebelumnya 17 kasus menjadi 19 kasus, berarti 19 persen. Dan penyelesaian kasus terjadi penurunan 5,8 persen.

Sedangkan untuk kasus Laka ada kenaikan 17 kejadian atau sekitar 36 persen, dan penyelesaian kasus juga terjadi kenaikan sebanyak 28 persen.Adapun pelanggaran terdapat kenaikan 143 pelanggaran atau 4 persen dan teguran meningkat 40 persen.

Selanjutnya Kapolres memaparkan untuk gangguan Kamtibmas yang menonjol di tahun 2022 adalah kejadian tanggal 21 Oktober 2022 yaitu pembakaran pendopo, dan tanggal 25 Oktober pelaku sudah bisa diamankan.

“Terkait kegiatan masyarakat, untuk unjuk rasa di Polres Banjar di tahun 2021 ada 1 kegiatan unjuk rasa, namun untuk tahun 2022 ada 7 kegiatan unjuk rasa yang berhasil diamankan dan kondisi masih kondusif, " ucap AKBP Bayu.

Selain menyampaikan gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah Polres Banjar, Kapolres menyampaikan beberapa kegiatan yang mengedepankan sisi kemanusiaan, seperti pelaksanaan kegiatan kerja bakti dan kegiatan bakti sosial.

“Kami melaksanakan kerja bakti di beberapa pesantren dan pembangunan masjid.Selain itu beberapa bantuan sosial juga telah dilaksanakan, baik Bakti Sosial dari Polda Jabar yang disalurkan oleh Polres Banjar. Maupun Bakti Sosial yang dilaksanakan oleh anggota Polres Banjar, yang dilaksanakan setiap minggu untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat, dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas dan para Pejabat Utama Polres untuk terjun langsung ke masyarakat,” paparnya.

Selanjutnya Kapolres Banjar menyampaikan, sesuai arahan dari Kapolri, Polres Banjar melaksanakan program Jumat Curhat.

“Program Jumat Curhat ini dilakukan mulai dari Polres sampai Polsek yang gunanya untuk menampung aspirasi dan keinginan dari masyarakat,” pungkas Kapolres Banjar. (PNC/Nier)

Penulis: Nier

Penulis:

Editor: Anjar