Daerah

PP Dukung dan Siap Kawal Program Pemkab Bengkalis Pelayanan Roro 24 Jam

Anjar Anjar
PP Dukung dan Siap Kawal Program Pemkab Bengkalis Pelayanan Roro 24 Jam

BENGKALIS, Pesisirnews.com - Organisasi Pemuda Pancasila (PP) mendukung dan siap mengawal program Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Salah satunya adalah kebijakan pelayanan Roro Air Putih - Selari (PP) 24 jam non stop pada hari Jumat dan Minggu karena benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Setiap program Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat akan kita dukung. Termasuk pelayanan Roro 24 jam ini, karena kebijakan tersebut membuat masyarakat tidak merasa was-was lagi ketika akan berangkat dari dan ke Bengkalis saat hari libur, khususnya Jumat dan Minggu,” ujar Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kabupaten Bengkalis, Asep Setiawan, Senin (19/4/2021).

Dikatakan, selama ini ada dua persoalan utama yang dirasakan masyarakat saat akan menyeberang pada akhir pekan. Pertama antrian panjang dan kedua takut tidak bisa menyeberang. Antrian panjang setiap akhir pekan atau pada hari-hari libur memang tidak terelakkan. Selain jumlah kendaraan yang terus meningkat, jumlah armada penyeberangan serta tempat sandar juga terbatas. Namun, setidaknya dengan pelayanan Roro 24 jam, ada kepastian bagi pemilik kendaraan tetap bisa menyeberang.

“Selama ini kan sering terjadi, sudah lah antrian panjang. Pas tiba giliran kita tak bisa nyeberang karena dah diluar jadwal. Ini benar-benar jadi big problem alias masalah besar, terutama bagi mereka yang berasal dari luar Bengkalis, atau mereka yang membawa barang-barang dagangan,” kata pria yang akrab disapa Wawan ini.

Namun dengan adanya kebijakan pelayanan Roro 24 jam pada Jumat dan Minggu serta hari-hari libur, Wawan mengatakan, masyarakat tidak ragu lagi untuk berangkat kapan saja. Karena mereka sudah merasa yakin tetap bisa nyeberang walaupun antrian panjang.

Akan lebih baik lagi, sambung Wawan, lama antrian bisa dipersingkat dengan mengoptimalkan sumberdaya yang ada. “Teknisnya tentu Dishub yang tahu, tapi kalau jadwal (penyeberangan,red) ditambah, proses bongkar muat bisa lebih cepat, dan jumlah kapal yang beroperasi dioptimalkan, maka saya yakin lama antrian bisa diperkecil.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Dishub Bengkalis, Zulasri saat dihubungi terkait pelayanan Roro 24 jam mengatakan sejauh ini berjalan lancar.

“Sejak dilaunching hingga hari ini (Senin,red) baru dua kali pelayanan roro 24 jam. Kita lihat sejauh ini berjalan lancar, seluruh kendaraan bisa kita seberangkan. Seperti pada Subuh tadi, masih ada kendaraan roda empat yang kita seberangkan,” katanya.

Untuk kebutuhan personil di lapangan, Zulasri mengatakan,diberlakukan sistem shift dan menambah petugas dengan memberdayakan staf Dinas Perhubungan yang selama ini bekerja di Kantor.

“Jam kerja personil kita tetap, karena personil di Kantor kita berdayakan di lapangan dengan menerapkan sistem shift,” pungkas Zulasri. (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar

loading...