Daerah

Riau Berkabung, Tokoh LAM Datuk Seri Al Azhar Meninggal Dunia

Anjar Anjar
Riau Berkabung, Tokoh LAM Datuk Seri Al Azhar Meninggal Dunia

Datuk Seri Al Azhar (alm) Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA), Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. (Dok Pemprov Riau)

PEKANBARU, Pesisirnews.com - Masyarakat Provinsi Riau kini tengah berkabung atas berpulangnya tokoh Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar.

Datuk Seri Al Azhar merupakan Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA), Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. Ia menghembuskan napas terakhir pada, Selasa (12/10/2021), sekitar pukul 22.04 WIB.

Kabar duka ini dibenarkan Petinggi LAM Riau, Raja Yoserizal Zein saat dikonfirmasi wartawan. "Iya, benar beliau meninggal pukul 22.04 WIB (malam) tadi," kata Yoserizal melalui keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Kabar duka ini juga disampaikan Irfan, anak Datuk Seri Al Azhar. "Innalillahi wainna ilaihi rojiun, 12 Oktober 2021 Pukul 22.04 WIB, Ayah Irfan (Dt. Seri Al azhar) berpulang ke rahmatullah. Mohon dimaafkan bila ada kesalahan yang terbuat dengan sengaja/tidak pada Bapak/Ibu, kakak/Adik sekalian," ucap Irfan yang beredar di media sosial.

"Kami mohon dapat dibantu dengan doa terbaik untuk kepergian ayahanda tercinta kami ini. Irfan bin Al Azhar," tutup Irfan.

Hari Alang Rizal, adik dari almarhum Datuk Seri Al Azhar juga menginformasikan yang sama di akun media sosialnya.

"Innalillahiwainnailaihirojiun, telah berpulang ke rahmatullah Datuk Seri Al azhar dengan tenang tanggal 12 Oktober 2021 pukul 22.04 WIB. Di Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru. Mohon maaf jika ada khilaf dan salah beliau selama ini. Kami yang berduka. A.n keluarga (alang rizal.adik dari alm)," ucap Rizal.

Datuk Seri Al Azhar, sosok kelahiran Tambusai, Rokan Hulu pada 17 Agustus 1961 menjabat sebagai MKA LAM Riau periode 2017-2022. Ia adalah seorang tokoh adat, budayawan, dan sastrawan Bumi Lancang Kuning. (PNC/KOMPAS)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar