Daerah

Sejumlah Prestasi Diraih Bengkalis Selama Satu Tahun Kepimpinan Kasmarni - Bagus Santoso

Anjar Anjar
Sejumlah Prestasi Diraih Bengkalis Selama Satu Tahun Kepimpinan Kasmarni - Bagus Santoso

BENGKALIS, Pesisirnews.com - Selama satu tahun kepimpinan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso menakhodai Kabupaten Bengkalis berbagai prestasi telah diukir.

Diantara prestasi yang diukir sejak menjadi pemimpin Negeri Junjungan terhitung 26 Februari 2021, meliputi terbaik kesatu pembangunan daerah Provinsi Riau tahun 2021 dari gubernur. Kemudian penghargaan sebagai kepala daerah Srikandi pembangunan berkelanjutan dari dari Serikat Perusahaan Pers cabang Pekanbaru.

Penghargaan Kota Layak Anak tingkat pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men-PPPA).

Mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak delapan kali berturut-turut. Tak hanya itu, Kabupaten Bengkalis meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif tahun 2021 dari Komisi Informasi Riau.

Posisi pertama se-indonesia, dalam hal realisasi pendapatan APBD 2021

Dalam hal pelayanan publik, Kabupaten Bengkalis mendapat penghargaan dari Ombudsmen Republik Indonesia, dalam hal kepatuhan standar publik. Penghargaan transformasi perpustakaan berbasis inkulis sosial dari Perpustakaan Nasional

Sebagaimana diketahui, Bupati Kasmarni bersama Wakil Bupati Bagus Santoso, mengusung visi besar untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Dalam melaksanakan visinya, Kasmarni - Bagus Santoso punya delapan program unggulan. Yakni, pertama program bantuan keuangan satu milyar satu kecamatan, satu desa dan satu kelurahan.

Kedua, program perempuan berdaya keluarga sejahtera. Ketiga, program beasiswa pendidikan khusus dan berprestasi. Keempat, program jaminan sosial dan kesehatan total bagi masyarakat.

Kelima, program optimalisasi pelayanan transportasi antar pulau. Keenam, program menjadikan wisma daerah sebagai rumah aspirasi. Ketujuh, program pelayanan sistem kependudukan berbasis mobile.

Kedelapan, program stimulus ekonomi bagi pekerja sektor informal seperti buruh, petani, peternak, nelayan dan lain-lain, peningkatan lapangan pekerjaan dan penerapan teknologi serta inovasi bidang perekonomian.

Dari kedelapan program itu, selama rentang satu tahun kepimpinannya, Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso, telah menunaikan dua program unggulan. Yakni menjadikan wisma daerah sebagai rumah aspirasi dan pelayanan sistem kependudukan berbasis mobile.

Mulai tahun ini segera dilaksanakan program bantuan keuangan satu miliar satu kecamatan, satu desa dan satu kelurahan,

Tepat pada peringatan satu tahun kepemimpinan, pada Senin 7 Maret 2022, diluncurkan Kartu Bengkalis Sejahtera (KBS) untuk program Bantuan Pangan Non Tunai dari Dinas Sosial. Segera menyusul KBS Keagamaan, KBS Pintar berupa beasiswa tahfidz dan beasiswa pendidikan dokter spesialis.

Selama perjalanan satu tahun Kasmarni Bagus Santoso, menghadapi tantangan, diantaranya musibah tahunan, kebakaran hutan dan lahan, yang menjadi isu sentral nasional dan dunia. Kemudian, persoalan pandemi Covid-19.

Kunci untuk menghadapi segela tantangan, adalah saling percaya, kolaborasi, sinergi dan komitmen. Kasmarni Bagus Santoso selalu jalan seiring selangkah untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera. (PNC/Budi/rls)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar