Daerah

Sempat Heboh Temuan Belatung dalam Menu Makan Siang Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Kadiskes Inhil

Anjar Anjar
Sempat Heboh Temuan Belatung dalam Menu Makan Siang Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Kadiskes Inhil

Ilustrasi: (Int)

TEMBILAHAN, Pesisirnews.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Afrizal D memberikan klarifikasi terkait penemuan belatung di dalam menu makan siang pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi di Islamic Center, Jumat (9/7/2021) sore.

Awalnya, belatung yang terdapat di dalam lauk berupa ikan ditemukan oleh salah seorang pasien. Temuan itu, lantas viral dan sempat menimbulkan kritik terhadap pelayanan bagi para pasien Covid-19.

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir selaku pihak yang bertanggung jawab mengatakan, makanan bagi para pasien telah diperiksa terlebih dahulu sebelum disajikan sebagai lauk.

"Pemeriksaan tidak dilakukan satu per satu di setiap ekor ikan sajian. Untuk hari ini, tidak ada ikan yang lauk sisa sebelumnya yang disajikan," kata Afrizal melalui keterangan tertulis.

Sesaat setelah mendapat informasi tentang temuan belatung di dalam lauk itu, Afrizal mengatakan, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir segera melakukan pemeriksaan ke lokasi untuk memastikan kebenarannya.

"Dari hasil cross check ke lokasi, kami mendapati lauk yang berbeda dari yang harusnya diolah hari ini oleh pihak catering. Dari warna ikan, tampak berbeda dari yang disajikan untuk menu hari ini," tutur Afrizal.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar