Daerah

Tenang dan Mudah Dipahami Program 'Pro-Rakyat' KBS Panen Pujian

Anjar Anjar
Tenang dan Mudah Dipahami Program 'Pro-Rakyat' KBS Panen Pujian

BENGKALIS, Pesisirnews.com - Mengenakan busana Melayu warna putih, Calon Bupati (Cabup) nomor urut 03, Kasmarni, S.Sos., MMP tampil santuy dan penuh percaya diri saat mengikuti debat publik, Minggu (22/11) malam si gedung Che Puan. Bersama wakilnya, H Bagus Santoso, kehadiran pasangan chemistry ini menjadi sorotan publik dan khalayak yang ikut menyaksikan perdebatan malam tadi.

Memanfaatkan waktu yang diberikan oleh moderator Geovani, Kasmarni dengan sangat lancar memaparkan seluruh program unggulan dan Visi-Misinya di hadapan khalayak.

"Kami ingin Bengkalis lebih Sejahtera. Seluruh program kami berasal dari aspirasi masyarakat. Mulai dari pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan fasilitas umum, kesejahteraan dan penuntasan kesenjangan sosial, sandang-pangan-papan, peningkatan kerukunan antar umat beragama dan antar suku, serta budaya, serta pemaksimalan operasional kapal RoRo menjadi 24 jam," kata Kasmarni.

Rangkuman program tersebut dikerucutkannya dengan rangkuman visioner tanpa sedikitpun mengenyampingkan kemaslahatan rakyat. Setiap program yang digesa nampaknya betul-betul 'Pro-Rakyat' dan kemudian mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

"Kita siapkan beasiswa pendidikan bagi anak berprestasi dan bagi anak dari keluarga yang kurang mampu. Jangan sampai ada ketertinggalan pendidikan hanya karena persoalan biaya, kita tingkatkan mutu SDM (Sumber Daya Manusia) kedepannya lewat terapan mutu pendidikan. Dengan demikian, kita berharap masa depan Negeri Junjungan bisa lebih terarah dengan hadirnya generasi penerus yang benar-benar kokoh ilmu dan intelektualnya," tegasnya.

"Untuk memudahkan transportasi di Bengkalis yang merupakan perpaduan tiga pulau, Sumatera, Rupat dan Pulau Bengkalis, operasional kapal RoRo akan kita maksimalkan. Kita akan tambah dermaga dan armada penyeberangannya. InshaAllah, bila kami dipercaya menjadi pemimpin, kemudahan akses transportasi darat dan penyeberangan akan kita gempur," imbuhnya memaparkan.

Yang tak kala hebatnya, program paslon yang didukung oleh Koalisi Bengkalis Sejahtera (KBS) ini juga menarik hati masyarakat terkait penyediaan lapangan pekerjaan dan peningkatan roda ekonomi masyarakat lewat usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM).

Dengan tegas ia pun menyerukan bahwa kedepan, bila terpilih, pihaknya bakal memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal untuk berkarya nyata di kampungnya sendiri.

"Ada Chevron yang sebentar lagi berganti ke Pertamina, ada banyak sektor perusahaan, perniagaan, dan banyak lagi lapangan pekerjaan yang bisa diakses. Kedepan, kami siap memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal. Jangan sampai putra-putri daerah malah jadi penonton di rumah sendiri," ucapnya.

Perihal UMKM, Kasmarni mengatakan bahwa pihaknya bakal menciptakan suatu terobosan yang bakal membungkus rapih berbagai produk olahan dari Bengkalis menjadi buah tangan alias oleh-oleh khas dari Bengkalis.

Prinsip pemasaran berkala lokal, nasional dan internasional pun bakal dilakukan untuk meningkatkan home industri yang ada di Bengkalis. Selain itu, keduanya juga bakal menyediakan taman-taman kota dengan deretan UMKM berupa arena dagang aneka jajanan, berbagai produk olahan lainnya.

"Cara ini kita nilai dan harap mampu menumbuhkan bibit usaha (UMKM) baru dan tentunya mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Semua program yang kita rangkum murni untuk kesejahteraan masyarakat, demi Bengkalis yang lebih cerah," tuturnya.

Di akhir pemaparan program saat itu, ia pun meminta setiap orang di Bengkalis untuk dapat menerapkan sistem perpolitikan yang santun. Jangan saling menjelek-jelekkan, terlebih menjatuhka dengan cara yang buruk, begitulah kesan yang disampaikannya malam tadi.

"Santun bertutur kata, jangan sampai membunuh karakter orang lain. Naiklah tanpa menjatuhkan dan menanglah tanpa membuat lawan tersakiti," pesannya.

Perdebatan pun dimulai usai pemaparan berbagai program dan visi-misi dari keempat paslon. Berbagai pertanyaan dilontarkan dari paslon 01, 02 dan 04 kepada paslon KBS.

Dengan tegas Kasmarni dan Bagus Santoso berhasil menjawab seluruh pertanyaan dengan baik dan penuh kelembutan. Bak seorang ibu yang menjawab pertanyaan si buah hati, begitulah kelembutan Kasmarni dalam memenuhi pertanyaan paslon lainnya.

“Anak Itek Tekedek-Tekedek, Tekedek-Kedek Bawah Tanggo. Anak Orang Jangan Diusik, Karena Sudah Memilih Nomor Tigo,” tutup Kasmarn di akhir cloosing ceremony. (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar

loading...