Daerah

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0314/Inhil Siapkan Normalisasi Parit di Dua Desa

Anjar Anjar
Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0314/Inhil Siapkan Normalisasi Parit di Dua Desa

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Normalisasi parit untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui program optimasi lahan dimulai. Kegiatan ini agar petani yang ada di Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasirmas dapat meningkatkan hasil panen padi dan menjadikan kedua desa tersebut menjadi lumbung padi di Kabupaten Inhil.

Sebelum pelaksanaan di lapangan, Dandim 0314/Inhil bersama Perwira pengawas yang telah ditunjuk melaksanakan briefing di ruang Dandim 0314/Inhil.

Turut hadir Pasiops Kodim 0314/Inhil kapten Inf Tarmazi, Danramil 03/Tempuling Kapten Inf Riswanto, Pasi intel Kodim Lettu lnf Delmy A, Pasi Ter Lettu lnf Rejekinta Ginting dan Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Arh Agus Purwanto, Jumat (2/9/22).

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han) menyampaikan, Kodim 0314/Inhil dengan adanya program dari Korem 031 Wira Bima optimasi lahan gambut yang akan dilaksanakan di dua desa ini, yaitu Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasir Mas Kecamatan Batang Tuaka wilayah Koramil 12/Batang Tuaka sudah di mulai pekerjaan normalisasi parit dengan menggunakan alat berat di lokasi lahan pertanian Desa Pasir Mas.

Dengan harapan alat berat ini akan bekerja setiap hari dan dapat sesuai target yang akan di tentukan oleh pengawas dilapangan yang ada di sana.

"Adanya Optimasi Lahan (OPLA) ini akan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil panen petani, begitu juga penanaman padi turun kesawah yang dulunya hanya satu tahun sekali akan bisa menjadi IP 200 (dua kali panen dalam satu tahun)," ujar Dandim.

Lebih lanjut, Dandim 0314 Inhil menyampaikan bahwa, tidak hanya penggalian normalisasi, tanggul-tanggul pun akan di perbaiki yang ada di lokasi pertanian begitu juga saluran irigasi pun akan di perbaiki dalam optimasi lahan yang ada di dua Desa ini, sehingga hasil pertanian akan meningkat dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga petani petani yang ada di Desa Kuala Sebatu lebih semangat untuk bertani menanam padi.

"Saya juga berharap kepada seluruh warga Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasirmas mendukung dalam pelaksanaan kegiatan optimasi lahan gambut, baik aparat Desa begitu juga kelompok kelompok tani yang ada di desa mari kita tingkatkan ketahanan pangan yang ada di kabupaten Indragiri hilir dengan saling mendukung dan bekerja sama sehingga optimasi lahan ini dapat dirasakan oleh petani petani yang ada di Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasirmas," harapnya.

Untuk Pekerjaan penggalian parit dan normalisasi tanggul dengan menggunakan alat berat berlangsung sejak 1 September, di mulai dari titik 0 di Parit Sumber Makmur Desa Pasirmas Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f