Daerah

Tinjau 2 Posko PPKM, Sekda Kampar Minta Lengkapi Data Kondisi Covid-19 Sampai ke Desa dan RT

Anjar Anjar
Tinjau 2 Posko PPKM, Sekda Kampar Minta Lengkapi Data Kondisi Covid-19 Sampai ke Desa dan RT

TAPUNG HULU, Pesisirnews.com - Atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro, Pemerintah Kabupaten Kampar terus akan melakukan upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Kampar. Apalagi Kecamatan Tapung dan Tapung Hulu masuk zona merah.

Oleh sebab itu data ini harus akurat sehingga kita dapat mengurangi penyebaran baru, karena dengan lengkapnya data mudah untuk melakukan langkah-langkah penanganan.

Demikian dikatakan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH melalui Sekda Kampar Drs. Yusri, M. Si saat menjunjungi pos PPKM di Tapung Hulu Dan Pos PPKM Tapung, Senin (31/5/2021), yang merupakan Zona Merah penyebaran Konfirmasi Covid-19.

Dikatakan Sekda Kampar saat melakukan dialog bersama dengan koordinator PPKM dengan Kepala Puskesmas dan Kepala Desa didapat bahwa dari data memang ber-KTP kecamatan setempat namun tinggal di wilayah lain bahkan di luar Kabupaten Kampar, “namun hal ini tidak manjadi masalah yang terpenting siapapun yang sakit kita obati,” kata Yusri.

“Selain itu Upaya Pemerintah Kabupaten Kampar dengan mendirikan Posko PPKM di lima Kecamatan, di posko inilah kita mengurangi angka penyebaran dengan melakukan Testing, Treatment dan tracing, bagi yang isolasi mandiri kita antarkan obat-obatan, peran kepala Desa dan puskesmas sangat penting dalam mendata masyarakat dan pasien,” tambahnya.

Oleh sebab itu Sekda meminta kepada tim yang telah ditugaskan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah di berikan sehingga keberadaan PPKM ini betul-betul dapat mengurangi angka paparan Covid-19.

“Seperti di Tapung Hulu yang terpapar Covid-19 berjumlah sebanyak 6 orang sementara data yang muncul di sistem melebihi, ini karena system KTP yang bersifat elektronik yang mencatat dari Kecamatan, sementara untuk Kecamatan Tapung terdapat lebih dari 30 orang Terkonfirmasi Covid-19,” lanjutnya.

Pada kunjungan di dua posko siaga PPKM tersebut Sekda didampingi oleh Kadis Kesehatan Rahmat, Kepala Pelaksana BPBD Kampar Dedi Sambudi, Kepala Kesbangpol Ardi Mardiansyah, Kepala Dinas Kominfo Kampar Yuricho Efril, seluruh Kepala Desa di Dua Kecamatan, Forkopimcam di dua Kecamatan, Kepala Puskesmas Kecamatan Tapung Hulu, Kepala Puskesmas Tapung Hulu I, Kepala Puskesmas Tapung I dan Tapung II. Masing-masing Camat yang dikunjungi Camat Plt Tapung Hulu dan Camat Tapung Amri Yudo.

“Kegiatan di Pos PPKM Dapat dilakukan Vaksinasi, pemantau dan pemberian obat-obatan terhadap konfirmasi Positif yang melakukan isolasi mandiri,” pinta Yusri.

“Dan kepada perusahaan diminta kerjasama dalam mendukung penghentian penyebaran Covid-19, terutama memperbolehkan satgas Covid-19 masuk ke lokasi perusahaan karena di areal perusahaan juga banyak penduduk yang berkemungkinan juga terpapar Covid-19,” ujarnya.

Terakhir disampaikan Sekda terus Jalin komunikasi, “Koordinasi sehingga tugas ini dapat kita jalankan dengan baik, sehingga Covid-19 dapat segera hilang di Bumi Kabupaten Kampar,” pungkas Yusri. (Diskominfo Kampar/wan)

Penulis: Irwan Nur

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...