Daerah

Tumpas Politik Uang, Polri, Bawaslu dan Kejari Lakukan Patroli Bersama

Anjar Anjar
Tumpas Politik Uang, Polri, Bawaslu dan Kejari Lakukan Patroli Bersama

TALUK KUANTAN, Pesisirnews.com - Harapan segenap masyarakat khususnya warga masyarakat Kuantan Singingi, terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, yang aman, nyaman, damai dan sehat.

Hal ini disambut baik oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto. S.IK. M.M. bersama Bawaslu dan Kejaksaan Negeri serta seluruh elemen masyarakat Kuansing dengan melakukan koordinasi dalam rangka melaksanakan apel kesiapan dan patroli bersama skala besar dalam rangka anti money politik Kabupaten Kuansing.

Rabu, 2/12/2020, bertempat di halaman Mapolres Kuansing telah digelar apel bersama guna melihat kesiapan pelaksanaan patroli anti politik uang.

Apel kesiapan ini dipimpin oleh Kapolres Kuansing yang diwakili Waka Polres Kompol Razif. S.H. serta dengan dihadiri oleh :

1. Muhjelan Arwan, SH., MH (Asisten I Pemkab Kuansing)

2. Mayor. Inf. Hariantago SSos.(Pabung Dim 0302/Inhu)

3. Hadiman, SH., MH(Kepala Kajari Kab.Kuantan Singingi )

4. Wijawiyata, SH (Ketua Pengadilan Negeri Taluk Kuantan)

5. Wawan Ardi, S.Psi (Komisioner KPU Kab.Kuantan Singingi)

6. Sarpeli, S.Ag (Ketua MUI Kab.Kuansing)

7. Agus Rianto Dt. Monti Sakato (Wakil Ketua MPH Lembaga Adat Melayu Kab.Kuansing)

8. Mardius Adi Saputra,SH (Ketua Bawaslu Kab Kuansing dan Komisioner Bawaslu)

9. Perwakilan Presma BEM Uniks

10. Perwakilan dari PWI Kab. Kuansing

11. Perwakilan dari IWO Kab Kuansing

12. Perwakilan dari OGP Kab.Kuansing

13. Perwakilan dari Banser Kab.Kuansing

14. Perwakilan dari Kokam Kab.Kuansing

15. Perwakilan dari Senkom Kab.Kuansing

16. Perwakilan dari DPD Syathariyah Kab.Kuansing

17. Forum Kades se Kab.Kuansing

18. Ketua HMI Kab.Kuansing Dwi Rosita

19. Perwakilan dari IMM Kab.Kuansing

20. Perwakilan dari pimpinan HKBP Kab.Kuansing

21. Perwakilan dari Pimpinan Gereja Katolik Kab.Kuansing

22. Perwakilan dari Pimpinan Wihara Sriwijaya Kab.Kuansing

23. Perwakilan dari LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Kab.Kuansing.

Pelaksanaan apel patroli bersama anti politik uang ini menyikapi petunjuk dan arahan Kapolda Riau dan hasil koordinasi dengan Ketua Bawaslu Prov Riau terkait surat Bawaslu Provinsi Riau Nomor : 081/PM.00.05/K/XI/2020 tanggal 26 November 2020 terkait Permohonan Kerjasama Pelaksanaan Pemeriksaan dan Patroli Money Politik.

Adapun kegiatan ini bertujuan:

- meningkatkan sinergitas penyelenggara pemilu, Ormas, OKP dan elemen masy lainnya dalam rangka antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, money politik maupun tindak pidana yg lain.

- cipta kondisi situasi kamtibmas di Wilayah Kab Kuansing yg melaksanakan Pilkada agar kondusif.

- mewujudkan zero money politik di Kab. Kuansing.

- wujud pelaksanaan sinergitas seluruh pemangku kepentingan akan dilaksanakan Patroli Bersama Berskala Besar untuk mencegah terjadinya money politik.

Selesai apel patroli bersama skala besar ini, tim yang terdiri dari personel Polri, Bawaslu Kabupaten dan Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan melakukan kegiatan stationer berupa pemeriksaan kendaraan bermotor yang melintasi jalan Proklamasi km. 2 yang tepat berada di depan Mako Polres.

Sasaran pemeriksaan ini adalah kendaraan pribadi/angkutan barang atau orang secara selektif yg diduga membawa alat yg akan digunakan untuk melakukan tindak pidana, membawa barang hasil tindak pidana maupun barang barang lain yg diduga akan di gunakan anti money Politik.

Disela pelaksanaan patroli bersama skala besar ini, tak luput dari apresiasi dari masyarakat " dengan patroli anti money politik tentunya ruang bagi pelaku menjadi sempit" ungkap tokoh lembaga adat melayu sdr. Agus Perianto selaku Datuk Monti BPH LAM Kuansing.

“Mari kita jaga dan kawal bersama, bahwa pelaksanaan Pemilihan Serentak Kepala Daerah di Kabupaten Kuansing tahun 2020 ini dapat berjalan aman, lancar dan terbebas dari politik uang serta patuhi protokol kesehatan Covid 19,” tegas Kapolres Kuansing. (rls/zul)

Penulis: Zul Efendi

Editor: Anjar

loading...