Daerah

UMKM sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Inhil


UMKM sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Inhil

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan membuka secara langsung bazar UMKM dan Festival Kuliner yang di laksanakan oleh dinas Koperasi dan Ukm bekerjasama dengan Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan, Kamis (17/11). Di awali dengan pemotongan pita serta pemberian hadiah kepada peserta UMKM berprestasi serta sertifikat Nik Koperasi yang langsung diserahkan oleh Bupati Inhil HM Wardan.

Bupati HM Wardan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan bazar UMKM yang di laksanakan oleh Dinas koperasi dan UKM bekerjasama dengan pihak Unisi.

"Dengan bekerjasama dengan pihak perguruan tinggi tentu akan menjadi suatu yang spesial, kolaborasi antar produk kreativitas peserta UMKM dan trobosan pemikiran yang unik dari para mahasiswa tentu akan menciptakan hal yang baru yang akan lebih menguntungkan, contohnya saja dari berbagai olahan kelapa yang dulunya biasa-biasa saja tapi sekarang dapat diubah menjadi berbagai olahan unik dan bernilai jual tinggi, ini sangat positif dan saya sangat mendukung penuh atas pelaksanaan ini," papar HM. Wardan.

HM. Wardan juga mengajak seluruh unsur masyarakat dan perguruan tinggi agar dapat bersama sama menggali potensi alam Inhil yang sangat beragam ini.

"Kabupaten Indragiri Hilir kaya akan potensi yang sangat luar biasa, terutama di bidang perkebunan kelapa, untuk itu saya berharap kepada para pelaku UMKM dan mahasiswa beserta dosen dapat berkolaborasi untuk mengembangkan potensi ini," harapnya.

Turut di hadiri pada kesempatan ini Rektor Unisi Dr H Najamuddin LC MA, perwakilan unsur Forkopimda, beberapa kepala OPD, tim penggerak PKK, dan para peserta bazar dan kuliner. Kadis Koperasi dan UKM Inhil, Ir. H Ilyanto MT, dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat modal pemberdayaan UMKM yang selama ini telah di jalankan dan juga wujud dari apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Inhil.

"Dengan adanya pergelaran seperti ini kita memberikan kesempatan kepada peserta UMKM untuk memacu memamerkan hasil olahannya, seperti sebuah promosi lah agar produk nya di kenal luas dan meningkatkan mutu pendapatan mereka nanti nya," ujar Kadis.

Selanjutnya, Rektor Universitas Islam Indragiri Dr H Najamuddin LC MA juga menyampaikan siap melaksanakan kolaborasi dengan pemerintah daerah guna mendukung penuh produk UMKM dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita siap memberikan pemikiran serta inovasi yang unik untuk mendukung kembangkan produk olahan UMKM ini, sesuai dengan tujuan perguruan tinggi ini agar bagai mana inovasi dari kami ini dapat berguna di masyarakat dengan didukung oleh pemerintah daerah," ujarnya.

Pelaksanaan ini di akhiri dengan peninjauan oleh Bupati Inhil Drs HM Wardan MP beserta rombongan di setiap stand bazar yang menjual berbagai produk asli olahan hasil alam Inhil yang di olah sedemikian rupa, terlihat juga antusias peserta dan masyarakat yang hadir untuk berbelanja dan mencicipi olahan kuliner tersebut. (PNC/rls)

Penulis:

Editor: Anjar