Daerah

Vaksinasi Anak Masih Rendah, Bupati Inhil Minta Instansi Terkait Tingkatkan Sosialisasi Vaksin


Vaksinasi Anak Masih Rendah, Bupati Inhil Minta Instansi Terkait Tingkatkan Sosialisasi Vaksin

TEMBILAHAN, Pesisirnews.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs. HM. Wardan, MP memimpin rapat evaluasi percepatan proses vaksinasi terhadap tenaga pendidik serta anak Usia 6-11 tahun secara virtual bersama seluruh camat se-Kabupaten Inhil, Rabu (9/3/2022).

Bertempat di Gedung GGtv Diskominfo pers Kabupaten Inhil, Bupati memaparkan langsung data persentase vaksinasi di setiap kecamatan dan menanyakan langsung ke masing-masing kecamatan mengenai kebenaran data tersebut.

"Dari data yang kita lihat masih banyak sekolah di masing-masing kecamatan masih sangat sedikit bahkan ada yang belum terlaksana, ini tentu menjadi pertanyaan apa saja kendalanya. Oleh karena itu kita bahas bersama sehingga bisa kita cari solusi penyelasaiannya," ujar Bupati.

Di ketahui Kabupaten Inhil kembali menjadi juru kunci peringkat terakhir persentase vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun se-Provinsi Riau, dan ini membuat Pemkab Inhil harus kembali mengambil langkah cepat dalam mengatasi persoalan ini.

"Dari hasil tanya jawab yang kita lakukan ini, kendala yang banyak terjadi karena orangtua-nya tidak mau anaknya di vaksinasi, bahkan menurut salah satu kepala sekolah ada orangtua yang mengancam akan memberhentikan anaknya sekolah dari pada harus di vaksinasi," ujar HM. Wardan.

Selanjutnya Bupati juga mengimbau agar setiap camat untuk saling berkoordinasi dengan korwil serta seluruh kepala sekolah untuk terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya vaksinasi guna meningkatkan imun tubuh anak.

"Tingkatkan lagi sosialisasi, berikan pemahaman kepada orangtua wali murid, vaksinasi ini aman dan dengan di vaksinasi dapat meningkatkan imun tubuh dari virus sehingga anak anak kita ini imunnya kuat. Untuk sekarang kita peringkat terakhir dan saya harapkan ini menjadi perhatian bersama agar proses vaksinasi ini bisa kita tingkatkan kembali," harap Bupati.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Forkopimda, Kapolres Inhil, Dandim 0314 Inhil serta Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Kominfo dan Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil. (PNC/Pop)

Penulis: Popi Andriko

Editor: Anjar