Ekbis

10 Cara Mengetahui Pinjol Ilegal supaya Tak Tercekik oleh Utang Pinjol


10 Cara Mengetahui Pinjol Ilegal supaya Tak Tercekik oleh Utang Pinjol

Ilustrasi: Pinjol ilegal kerap menjerat dan merugikan masyarakat. (Int)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Anggota Komisi I DPR RI, Taufiq R Abdullah membahas soal financial technology terkait bahaya pinjaman online ilegal dalam literasi digital yang bekerja sama dengan Kemkominfo.

Meski hal itu memberikan kemudahan tetapi selalu beriringan dengan risiko, maka diharapkan untuk bijak dan hati-hati dalam memanfaatkannya.

Taufiq, menjelaskan financial technology (fintech) adalah layanan jasa keuangan berbasis teknologi digital. Fintech sebuah inovasi pada industri jasa keuangan yang mengubah model bisnis dari konvensional menjadi modern, yang awalnya transaksi keuangan hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka menjadi transaksi jarak jauh yang dapat dilakukan dalam hitungan detik.

“Di antaranya pembayaran (payment), pendanaan (funding), perbankan (digital banking), pasarmodal (capital market), perasuransian (insuretech), dan lainnya (inovasi keuangan digital),” kata dia dalam keterangannya, Minggu (5/3).

Partnership Lending Sales Lending Amartha, Ariel Iskandar, menjelaskan kelebihan dan kekurangan fintech. Terkait kelebihan dia menjabarkan yaitu pertama proses transaksi sangat cepat. Keputusan pemberian pendanaan tidak dilakukan manual oleh manusia, tetapi menggunakan artificial intelegence.

Kedua, persyaratan mudah (dalam pendaan jumlah kecil bahkan hanya dibutuhkan KTP dan foto).

Ketiga, rantai Transaksi menjadi sederhana. Keempat, tanpa batasan waktu dan tempat. Transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kelima, menekan biaya operasional dan modal.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar