Ekbis

7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Perawatan Kulit

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Perawatan Kulit
Wortel sebagai jenis sayuran yang menyimpan banyak kandungan vitamin dan nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Namun banyak yang mengiranya bahwa sayuran ini hanya bagus untuk kesehatan mata padahal bisa lebih dari itu.

Sayuran oranye ini biasanya diolah untuk berbagai macam makanan dan biasanya direbus. Akan tetapi juga banyak yang mengkonsumsinya dengan cara di jus agar rasanya lebih alami dan menyehatkan tubuh, berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

1. Meningkatkan Metabolisme

Salah satu sayuran yang kaya akan manfaat untuk meningkatkan metabolisme bagi kesehatan. Cara mengonsumsi sayuran ini bisa dengan diolah ataupun dijadikan sebagai jus guna membantu meningkatkan level energi.

Sebab sayuran ini mempunyai kandungan vitamin B yang mampu memecah glukosa, lemak dan protein. Selain itu juga kandungan yang ada di dalamnya bisa memastikan bahwa energi bisa digunakan secara efektif pada tubuh.

2. Menyembuhkan Luka

Di dalam sayuran mengandung beta karoten yang cukup tinggi dan mampu mengubah retinol sebagai bentuk vitamin A paling murni. Sebab vitamin A mampu mengurangi timbulnya kemerahan dan juga peradangan pada kulit.

Sehingga apabila mengalami luka kulit sebaiknya konsumsi jus wortel sebanyak mungkin secara rutin. Dengan demikian bisa menyembuhkan luka secara alami dan bisa menggunakannya sebagai masker alami.

3. Menurunkan kadar Kolesterol

Konsumsi sayuran oranye ini secara rutin maka dapat membantu dalam menurunkan risiko kolesterol yang tinggi. Sayuran ini tinggi akan serat, rendah kalori dan pastinya rendah lemak.

Kandungan serta yang ada di dalamnya sangat tinggi dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu maka sayuran memiliki sifat menghambat lemak dan menurunkan kolesterol pada darah.

4. Melawan Efek Radikal Bebas

Meskipun memang termasuk golongan sayuran semusim dengan umurnya yang terbilang pendek namun sayuran oranye ini tinggi akan kandungan antioksidan. Sayuran yang tumbuh secara tegak ini mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas yang merusak kesehatan tubuh.

Radikal bebas ini merupakan salah satu efek buruk yang dapat memicu datangnya penyakit pada tubuh. Sehingga jika mengkonsumsi sayuran ini secara rutin bisa mengurangi dampak yang nantinya terjadi.

5. Mengurangi Kanker Payudara

Dari penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya menyatakan bahwa sayuran wortel dapat dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kanker payudara.

Di dalam sayuran terdapat kandungan beta karoten yang sangat bagus untuk mengurangi berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya mampu mengatasi masalah penyakit namun sayuran dengan warna cantik ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Penggunaannya bisa dengan dikombinasikan bersama ketumbar yang dijadikan sebagai olahan sup sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bagi pengkonsumsinya.

Perpaduan pada sup wortel dengan ketumbar dipercaya mampu mempertahankan kekebalan tubuh.

Hal ini tentunya akan menjauhkan diri dari adanya infeksi yang disebabkan oleh berbagai macam virus.

7. Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Sayuran sehat ini tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh namun juga mempunyai kandungan yang dapat membantu dalam proses perawatan wajah. Sebagai bahan kecantikan wajah, sayuran ini dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak.

Masalah kulit berminyak tentunya berhubungan langsung dengan pori-pori kulit. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat membuat kulit lebih bersih dan lembut secara alami.

Demikianlah beberapa uraian mengenai penjabaran manfaat sayuran wortel bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Sayuran oranye dengan kandungan baik di dalamnya mampu mengurangi risiko penyakit.

Penulis: Pesisirnews.com