Ekbis

Prabowo Mau Gratiskan Tol yang Selesai Konsesi

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Prabowo Mau Gratiskan Tol yang Selesai Konsesi

Foto: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mewacanakan akan menggratiskan jalan tol yang sudah selesai konsesinya. Contoh yang diutarakan BPN Prabowo-Sandi adalah Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Ditemui di kantor pusat PT Jasa Marga Tbk di Jakarta, Senin (11/2/2019), Anggota Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Koentjahjo Pamboedi hal itu dimungkinkan di negara-negara maju.

"Kalau negara maju itu karena cadangan pemerintah banyak. Terus digratiskan pajak kendaraannya dinaikan tinggi. Balance saja," ujarnya.

Lantas, apakah memungkinkan di Indonesia? Koentjahjo menjawab, "Enggak, kita lakukan lelang. Lelangnya itu siapa yang bakal jadi pemelihara. Kita maintain seenggaknya bisa terpelihara jalan tol itu."


Ia mencontohkan tarif Jalan Tol Jagorawi sekarang Rp 1.200 per kilometer. Nilai itu hanya cukup untuk pemeliharaan semata.


Kalau itu digratiskan biayanya tinggi. (Kalau digratiskan) angkot masuk, motor masuk, perbaikan lubang segala macam, enggak kuat badan usaha jalan tol (BUJT) biayanya," kata Koentjahjo.


Intinya, menurut dia, harus ada kebijakan sebelum menggratiskan tarif tol. Seperti penaikan pajak kendaraan.


"Iya. Harus bisa diseimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan bagi BUJT," ujar Koentjahjo.

Sumber CNBC Idonesia

Penulis: Zanoer