Ekbis

Wowww, Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik Kedua di Dunia


Wowww, Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik Kedua di Dunia

Pesisirnews.com - Meski sempat terkena sentimen negatif di akhir tahun 2018, Rupiahtercatat berhasil mempertahankan stabilitasnya dan menjadi mata uang terbaik kedua di dunia dalam segi performa.

Ini berdasarkan data terkini performa terbaik di dunia versi Bloomberg. Mata uang dari Asia Tenggara berhasil meroket lebih dari 5 persen dan menjadi yang terkuat di dunia dalam setengah tahun terakhir.

Mata uang Rupiah berada di peringkat kedua dengan pertumbuhan hampir 2 persen. Peringkat pertama dipegang Baht dengan pertumbuhan melewati 5 persen.

Baht berhasil menguat berkat cadangan devisa Thailand sebesar USD 207 miliar, surplus neraca berjalan, dan Dolar yang melemah. Pada tahun ini pun Baht diprediksi akan tetap kuat.

Sementara, Rupiah kini kian menguat dan sempat di bawah Rp 14.000. Pada akhir tahun lalu, Rupiah pernah menyentuh Rp 15.000.

Mengutip data Bloomberg tersebut, Rupiah terlihat lebih kuat dari mata uang Jepang, Filipina, Kamboja, dan Korea Selatan. Sementara, mata uang Malaysia dan Turki tidak masuk 10 besar.

Beralih ke pertumbuhan ekonomi di tahun 2019 yang muram, menurut laporan Bank Dunia di laporan Darkening Skies, tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan stabil di 5,2 persen, namun Thailand diprediksi melambat jadi 3,8 persen.

Penulis: admin

Sumber: Merdeka.com