Ekbis

Akibat Pandemi Covid 19,Ini Negara Resmi Masuk Jurang Resesi

pesisirnews.com pesisirnews.com
Akibat Pandemi Covid 19,Ini Negara Resmi Masuk Jurang Resesi

krisis ekonomi. shutterstock


Jakarta,PESISIRNEWS.COM - Resesi ekonomi tengah menjadi hal yang diwaspadai seluruh dunia. Mengingat, pandemi virus corona telah mempengaruhi berbagai segi kehidupan, mulai dari kesehatan, sosial, hingga ekonomi.


Bank Dunia dalam laporan Prospek Ekonomi Global yang dirilis pada Senin (8/6), memperkirakan ekonomi global turun sebesar 5,2 persen tahun ini imbas pandemi covid-19. Resesi ini dinilai jadi resesi terdalam sejak Perang Dunia Kedua.


Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebutkan kondisi perekonomian dunia sudah resesi dan mulai masuk pada potensi depresi karena pandemi Covid-19. Pandemi tidak hanya berdampak pada ekonomi, tetapi juga sosial.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah menghilangkan progres dari upaya yang dilakukan oleh Pemerintah selama beberapa tahun terakhir, terutama mengenai kemiskinan dan kesejahteraan rakyat. Selain itu, pandemi ini berdampak pada perekonomian negara secara signifikan yang berarti sumber pendanaan untuk mencapai tujuan akan tertahan.


Di Indonesia, capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II memang belum dipublikasikan. Namun banyak yang melihat bahwa Indonesia juga akan tergelincir dalam jurang resesi.


"Walaupun BPS belum merilis capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II, beberapa secara tidak resmi sudah memperkirakan akan negatif di angka 4 persen sampai dengan 5 persen. Artinya Indonesia mengalami resesi seperti juga dialami berbagai negara," kata Ekonom, Candra Fajri Ananda kepada Liputan6.com, Jumat (31/7).

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com

loading...