Ekbis

Angola Tempati Urutan Pertama Pebisnis Wanita Tertinggi di Dunia, Lewati Taiwan dan Indonesia

Anjar Anjar
Angola Tempati Urutan Pertama Pebisnis Wanita Tertinggi di Dunia, Lewati Taiwan dan Indonesia

Ilustrasi: Wanita Angola jadi pengusaha wanita tertinggi di dunia tahun 2022. (BUSINESS INSIDER AFRICA)

(Pesisirnews.com) - Diperkirakan 274 juta wanita di seluruh dunia terlibat dalam bisnis rintisan, dengan tambahan 139 juta memiliki/mengelola bisnis yang sudah mapan.

Berdasarkan survei terbaru dari Taiwanplus yang dirilis baru-baru ini, Angola menjadi negara terkemuka untuk persentase wanita yang memiliki/mengelola bisnis tertinggi di dunia tahun 2022.

Taiwanplus menggunakan data yang dianalisis dari berbagai sumber termasuk Bank Dunia, Global Entrepreneurship Monitor dan Organisasi Buruh Internasional.

20 negara teratas untuk bisnis yang dimiliki wanita

Biru: bisnis tahap awal

Kuning: bisnis yang sudah mapan

% wanita dengan bisnis

Persentase wanita berusia 18 - 64 tahun yang saat ini menjadi pemilik-manajer bisnis baru (memiliki dan mengelola bisnis yang sedang berjalan yang telah membayar gaji, upah, atau melakukan pembayaran lain kepada pemilik selama lebih dari tiga bulan, tetapi tidak lebih dari 42 bulan), atau bisnis yang mapan (memiliki dan mengelola bisnis yang sedang berjalan yang telah membayar gaji, upah, atau melakukan pembayaran lainnya kepada pemiliknya selama lebih dari 42 bulan).

(Sumber: • Global Entrepreneurship Monitor)

Melansir BUSINESS INSIDER AFRICA, Kamis, survei tersebut menguraikan negara-negara yang memimpin jalan bagi perempuan wirausaha di panggung global.

Menurut survei, Angola muncul sebagai negara terdepan untuk persentase perempuan yang memiliki/mengelola bisnis dengan (35%), diikuti oleh Guatemala (24,9%) dan Burkina Faso (21,2%).

Survei tersebut juga menemukan bahwa tingkat tertinggi kepemilikan bisnis mapan untuk perempuan ditemukan di Asia Tengah & Timur sebesar 6,9%, 1,3 poin persentase lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 5,6%.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f