Ekbis

Bisnis Ikan Cupang Saat Pandemi Covid 19,Menjanjikan,Bisa Jutaan Rupiah Perekornya

pesisirnews.com pesisirnews.com
Bisnis Ikan Cupang Saat Pandemi Covid 19,Menjanjikan,Bisa Jutaan Rupiah Perekornya

Ikan cupang, ikan hias yang populer saat pandemi Covid-19. (Shuttestock)

PESISIRNEWS.COM - Ikan cupang kini menjadi alternatif bisnis di masa pandemi covid-19. Pasalnya, bisnis ikan berwarna-warni ini sangat menjanjikan, bahkan harganya bisa sampai jutaan untuk satu ekor.

Pembudidaya Ikan Cupang, mengungkapkan bahwa harga ikan cupang saat ini bisa dinilai tinggi. Tapi ada juga ikan cupang yang masih dibanderol puluhan ribu.

Menurutnya, faktor yang membuat ikan bernilai tinggi yaitu warna. Ia menerangkan, warna pada cupang harus menarik dan berkilau atau istilah dalam bisnis cupang strong colour.

"Jadi kalau warna dominan warna maup gelap atau terang bisa. Asal jangan nanggung, jangan terang engga gelap engga, yang strong colour dibilangnya," ujarnya.

Selain itu,harga cupang tinggi yaitu bisa dilihat dari ekornya.

"form atau ekor atas bawah itu rapet tanpa celah. Kalau yang biasa itu ada celah. Kalau yang kualitas itu ekornya berbentuk huruf C, jadi bawah lebih panjang jadi bentuk huruf C," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Pembudidaya ikan cupang lainnya, menyebut ikan yang layak kontes juga salah satu faktor yang membuat harga ikan cupang ini tinggi.

Saat ini, ikan cupang yang nilainya paling tinggi yaitu berjenis Blue Rim seharga Rp 4 juta per ekornya.

"Jadi tergantung ikannya bisa kontes, genetik baru, dan, ikan yang unik kayak Blue rims kayak form-nya bagus, paling mahal Rp 4 juta,"

Penulis: pesisirnews.com

loading...