Ekbis

Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Untuk Dapat Rp 2000.000

pesisirnews.com pesisirnews.com
Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Untuk Dapat Rp 2000.000
Jakarta, PESISIRNEWS.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan skema bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat pada tahun 2022.

Dengan keputusan ini, mungkin masih banyak yang bingung, bagai mana cara mendaftar bansos tahun 2022 melalui ponsel(Hp).

Artikel kali ini akan membahas tentang cara daftar Bansos 2022 dari hanphone, menggunakan aplikasi cek bansos tepatnya, tinggal siapkan kartu penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Sebagai informasi, program bantuan sosial yang masih dijalankan pemerintah tahun ini adalah program keluarga harapan (PKH) dan skema kartu sembako.

Kemudian dalam PKH sendiri, ada beberapa kategori yang akan mendapat bantuan sosial dari kementerian sosial (Kemensos), yaitu ibu hamil atua nifas, anak usia 0 sampai 6 tahun, SD, SMP, SMA, difabel dan penerima yang sudah lanjut usia.

Berikut Cara Daftar Bansos 2022 dengan Hp.

1. Anda menyiapkan ponsel dan mengunduh cek bansos langsung dari play store atauCEK DISINI

2. Daftar dengan membuka aplikasi cek bansos denga mengklik opsi "Buat akun baru".

3. Siapkan KTP dan KK anda untuk mengisi kolom yang tersedia.

4. Pada menu Registrasi Rekening. Anda dapat mengisi beberapa kolom dengan memasukkan data diri seperti nomor KK, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap di KTP dan alamat lengkap tempat tinggal.

5. Jangan lupa juga untuk memasukkan nomor hanphone , alamat email, serta membuat username dan password agar dapat mendaftar sebagai penerima bansos.

6. Masukkan dua foto yang menunjukkan KTP anda dan satu foto anda memegang KTP.

7. Setelah semua data terisi. Anda dapat mengklik opsi "Buat akun baru".

8. Setelah berhasil, Anda dapat mendaftarkan diri anda dan keluarga atau komunitas lain dengan mengklik menu "Tambah Proposal" untuk mengakses menu dan daftar proposal pada aplikasi cek bansos.

9. Setelah mengisi data sesuai kolom yang tersedia, data yang berhasil diajukan akan muncul nama, NIK status kesesuaian dengan Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan KK pengusul.

Kemudian sesuai yang disebutkan, salah satu bantuan sosial yang masih di salurkan pemerintah pada tahun 2022 adalah PKH.

Perbedaan kategori penerima program bansos PKH juga mrmpengaruhi besaran bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial atau Pemerintah, seperti kategori ibu hamil atau nifas yang mrnerima bantuan sebesar Rp 3000.000,.

Sedangkan penerima bansos kategori balita usia 0 sampai 6 tahun akan mrndapatkan bantuan sebesar Rp 3000.000.

Sebaliknya penerima bansos kategori penyandang disabilitas berat akan mendapatkan bantuan sosial sebesar 2.400.000 Rupiah.(republika)

Penulis: pesisirnews.com