Ekbis

Di Akhir Pekan Rupiah Melemah, Ini Faktor yang Memengaruhi


Di Akhir Pekan Rupiah Melemah, Ini Faktor yang Memengaruhi

Ilustrasi: (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih terus berfluktuasi pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat, 20 Agustus 2021. Bahkan, rupiah telah diperdagangkan di level atas Rp14.460 per dolar AS.

Di pasar spot, pada perdagangan pagi ini pukul 09.47 WIB, rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.467 per dolar AS. Bergerak melemah 0,45 persen dari penutupan perdagangan kemarin di posisi Rp14.402.

Adapun data terakhir kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar (Jisdor) Bank Indonesia pada 15.15 WIB kemarin telah menetapkan nilai tengah rupiah di level Rp14.414 dari hari sebelumnya Rp14.384.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan pelemahan ini dipicu oleh sinyal bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed) yang akan mulai mengurangi stimulus moneter mulai tahun ini.

"Sebagian besar pembuat kebijakan Federal Reserve sepakat bahwa pengurangan stimulus akan dimulai tahun ini," kata dia dikutip dari analisisnya hari ini.

Dia menegaskan, dalam risalah pertemuan 27-28 Juli yang dirilis kemarin malam, pejabat Fed melihat potensi untuk mengurangi stimulus pembelian obligasi tahun ini jika ekonomi terus membaik.

"Pengurangan pembelian utang biasanya positif untuk dolar karena itu berarti The Fed tidak akan membanjiri sistem keuangan dengan uang tunai," tegas Ibrahim.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar