Ekbis

Filipina Beli Helikopter Serang Buatan Turki untuk Melawan Terorisme


Filipina Beli Helikopter Serang Buatan Turki untuk Melawan Terorisme

Helikopter T129 saat upacara penyerahan di Pangkalan Udara Kolonel Jesus Villamor di Manila, Filipina, 6 April 2022. (AA Photo)

MANILA (Pesisirnews.com) - Helikopter serang buatan Turki pertama secara resmi dikirim ke Angkatan Udara Filipina (PAF) pada hari Rabu, saat kedua negara melanjutkan pembicaraan yang dapat membuka jalan bagi kesepakatan pertahanan baru.

Dua T129 Tactical Reconnaissance and Attack Helicopters (ATAK) tiba di Filipina bulan lalu dan menjalani pemeriksaan teknis dan uji terbang.

Helikopter T129 di serahterimakan secara resmi ke PAF dalam sebuah upacara pada hari Rabu, menandai penerimaan mereka untuk layanan ke PAF.

Filipina telah memesan enam helikopter yang dirancang dan dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) pada tahun 2020, dalam kesepakatan yang dikatakan bernilai sekitar $ 280 juta. Filipina adalah negara pertama di luar negeri yang menggunakan ATAK.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Negrillo Lorenzana mengatakan kehadiran helikopter serang buatan Turki itu ke dalam alutsista Fiipina adalah "hari besar" bagi Angkatan Udara Filipina.

Dia menekankan bahwa helikopter ATAK adalah yang pertama bagi Filipina, dan mereka telah melakukan restrukturisasi armada mereka di daerah ini.

“Saya sangat senang bahwa impian Angkatan Udara Filipina telah menjadi kenyataan, tetapi kami masih memiliki jalan panjang untuk melengkapi rumah kami sepenuhnya,” katanya sembari menyatakan bahwa helikopter buatan Turki ini akan mendukung perjuangan Filipina melawan terorisme.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar