Ekbis

Rusia Menawarkan Minyak Mentah ke India dengan Harga Murah


Rusia Menawarkan Minyak Mentah ke India dengan Harga Murah

PM Modi dan Presiden Putin. (GettyImages)

NEW DELHI (Pesisirnews.com) - Rusia dikabarkan menawarkan minyak mentahnya ke India dengan harga murah. Dua minggu sebelumnya, India bermaksud membeli minyak mentah dari Rusia ketika Barat, yang dipimpin oleh Amerika, berusaha menghancurkan Rusia dengan berbagai sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina.

Melansir swarajyamag.com, Jumat (1/4), sesuai laporan terbaru, Rusia telah menawarkan India diskon $35 per barel minyak pada kisaran harga internasional saat ini, yang berfluktuasi pada harga $ 105-115.

Menurut Venu Gopal Narayanan, konsultan minyak hulu independen di India, tawaran Rusia itu secara efektif berarti bahwa India akan membeli minyak mentah di sekitar $ 70-80 per barel - yang lebih murah, hampir sama dengan harga internasional sebelum krisis Ukraina dimulai.

Tawaran diskon minyak mentah Rusia ke India ini menurutnya dalam istilah geopolitik, tawaran itu berarti bahwa upaya Barat untuk memberikan sanksi kepada Rusia akan sangat terbatas dampaknya.

Hal itu akan memaksa pengurangan harga tiga digit dan membawa minyak turun ke harga yang lebih masuk akal tidak lama lagi.

“Ini bagus untuk semua orang.”

Importir minyak akan bernafas lebih mudah dan dapat memanfaatkan penurunan harga untuk mengangkat ekonomi mereka yang terpukul, yang disebabkan oleh virus Wuhan lebih cepat.

Narayanan menjelaskan, tawaran Rusia ke India ini memberikan banyak negara Eropa yang sangat bergantung pada minyak dan gas Rusia menjadi lebih transparan daripada terus memberikan sanksi atau menghukum Rusia, sementara secara bersamaan bertahan dengan anakronisme yang sangat munafik dalam membeli minyak dan gas dari Rusia seolah-olah tidak ada yang terjadi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar