Ekbis

Sepanjang Januar-Oktober 2022 Terdapat 11.626 PHK, Kemnaker: Sebisa Mungkin Hindari PHK


Sepanjang Januar-Oktober 2022 Terdapat 11.626 PHK, Kemnaker: Sebisa Mungkin Hindari PHK

Ilustrasi PHK. (Foto: Freepik)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan jalan terakhir yang harus dihindari. Hal itu karena sebelum PHK terdapat dialog bipartit dan tripartit yang diadakan.

Bipartit adalah sistem hubungan perburuhan melibatkan dua pihak, yaitu serikat buruh dan pengusaha. Tripartit adalah forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan

“Ini untuk cari penyelesaian terbaik bersama. Win-win solution, kami dorong hak pekerja terpenuhi,” kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, dikutip dari perbincangannya denganPro3 RRI, Senin (16/1/2023).

Menurutnya, Kemnaker sebisa mungkin terus mengupayakan agar tidak terjadi PHK. Mediator ketenagakerjaan pun kerap diturunkan agar hak pekerja berupa pesangon dan sebagainya terpenuhi.

Selain itu, kata dia, ada Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang dapat dimanfaatkan. Orang yang terkena PHK akan mendapatkan akses informasi pasar kerja, lalu ada pelatihan meningkatkan keahlian.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar