Ekbis

Siapa Ingin Viral Jadi Miliarder Seperti Ghozali, Apa Itu NFT

pesisirnews.com pesisirnews.com
Siapa Ingin Viral Jadi Miliarder Seperti Ghozali, Apa Itu NFT

Jakrta, PESISIRNEWS.COM - Gara gara Gustaf Al Ghozali jadi sultan berkat karya digital berupa selfie wajahnya laku keras dan menghasilkan miliaran rupiah menjadi perbincangan publik.

Mahasiswa prodi animasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini, selama 5 tahun konsistensinya untuk berselfie setiap hari membuatnya sukses meraup cuan dari kanal NFT, dengan kesuksesan fenomenal ini antusias masyarakat untuk berkarya secara digital di marketplace NFT.

Mengenal NFT

Dilansir dari lamankontan.co- Apa itu NFT? NFT berkas digital untuk yang di simpan di blockchain, non fungible token juga merupakan token kriptografi.

Tetapi, tidak merupakan mata uang kripto dan banyak token jaringan atau utilitas, NFT dibuat dengan mengunggah berkas, seperti karya seni ke marketplace atau pasar lelang NFT.

Beberapa marketplace NFT antara lain KnownOrigin, Rarible dan OpenSea.

Mengutip laman Ethereum, NFT dan Ethereum memecahkan beberapa masalah yang ada di internet saat ini. Karena semuanya sekarang menjadi lebih digital, ada kebutuhan untuk mereplikasi properti barang fisik, seperti kelangkaan, keunikan dan bukti kepemilikan.

Belum lagi barang barang digital kerap kali hanya berfungsi dalam konteks produknya. Misalnya, seorang tidak bisa menjual kembali, ITune mp3 atau musik digital yang telah dia beli.

Dalam hal lain, anda tidak dapat menukar poin loyalitas perusahaan dengan kredit di platform lain meskipun ada tempatnya.

Teknologi NFT sjatinya bisa menyebabkan kelangkaan dari sebuah karya kreatif digital dengan membuat hanya satu NFT dan karya seni tersebut lewat tanda tangan yang unik.

NFT juga memberikan kemampuan untuk menetapkan atau mengklaim kepemilikan atas setiap bagian data digital yang unik.

Non fungible token bisa dilacak dengan menggunakan blockchain Ethereum sebagai buku besar publik NFT memiliki metadata yang di proses melalui fungsi hash kriptografi sebuah algoritma yang menghitung urutan 40 digit huruf dan angka yang unik.

NFT sendiri mewakili beberapa aset digital atau non digital srperti.

Karya Seni Digital

.Gif atau Format gambar digital lainnya
.Barang koleksi digital.
.Musik
.Video

Barang Non Digital NFT

.Tiket untuk event tertentu di dunia nyata.
.Dokumen legal
.Tanda tangan
Dan banyak lagi pilihan untuk berkereasi.

Lalu apa sebenarnya kegunaan NFT? Berikut beberapa kegunaan NFT yang populer.

Karya Seni Digital.

NFT pertama kali digunakan dalam karya seni digital karena kemampuannya yang diklaim untuk memberikan bukti keaslian dan kepemilikan seni digital.

Seni memang berharga, pada Februari 2021 lalu, NFT yang mewakili gambar animasi meme Nyan Cat dijual di pasar internet hampir mencapai US$600.000.

Tidak itu saja, The First 5000 Days menjadi NFT pertama dari sebuah karya seni yang terdaftar di rumah lelang terkemuka Christie's dan dijual seharga US$ 69,3 juta pada 11 maret 2021 lalu.

Barang Koleksi

Tidak hanya karya seni digital, NFT juga mewakili barang koleksi tetapi dalam format digital. Pada Februari 2021 lalu, kartu NFT Lebron James Slam Dunk pada platform NBA Top Shot dijual seharga US$208.000.

Game

Tidak hanya kolektor atau penggemar karya seni saja yang bisa berkecimpung di dunia NFT. Gamers ikut kecipratan dengan popularitas NFT. Bagaimana tidak? NFT juga dapat digunakan untuk mewakili aset dalam game yang dikontrol oleh pemain. Game yang pertama menggunakan NFT adalah Tokenzone.

NFT memungkinkan aset untuk diperdagangkan di pasar pihak ketiga tanpa harus izin ke developer atau pengembang game.

Siapa mau viral dan menjadi miliarder berkat NFT seperti Ghozali?

Penulis: pesisirnews.com