Ekbis

UMKM Sumbar Ekspor 1 Ton Bumbu Rendang dan Kalio ke Norwegia


UMKM Sumbar Ekspor 1 Ton Bumbu Rendang dan Kalio ke Norwegia

Ilustrasi: Bumbu rendang. (Gambar via detikFood)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Indonesia akan mengekspor satu ton bumbu rendang dan bumbu kalio ke Norwegia.

Bumbu tersebut adalah buatan para ibu yang tergabung dalam Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (IKABOGA) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Duta Besar RI untuk Norwegia Todung Mulya Lubis mengatakan, bumbu rendang dan kalio tersebut akan dikirim secara bertahap ke Norwegia oleh Scanesia AS, perusahaan yang dimiliki oleh diaspora Indonesia asal Sumatera Barat, Emmy Jørgensen.

Selain rendang dan kalio, Scanesia juga memasok dan mengekspor makanan Asia lainnya.

Menurut Todung, kedua bumbu tradisional Indonesia tersebut diperkirakan akan tersedia di sejumlah swalayan di Norwegia, termasuk Storcash Norge, pada Oktober 2022.

"Masyarakat Norwegia sangat petualang dan senang mencoba hal baru, termasuk makanan. Kami berharap Pemprov Sumbar bisa membantu diaspora Indonesia agar bisa mendirikan restoran padang di Oslo," kata Todung seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/8/2022).

Dia menyampaikan, antusiasme masyarakat Norwegia terhadap kuliner Indonesia telah tercermin pada kegiatan promosi "Indonesia Culinary and Food Festival" di Oslo pada 20 Agustus 2022,di mana berbagai makanan khas Indonesia laku keras diborong masyarakat Norwegia.

Acara pelepasan ekspor dilakukan pada Senin (29/8) di halaman kantor Gubenur Sumatera Barat Mahyeldi. Dia mengatakan bumbu rendang sudah banyak diekspor ke luar negeri.

Sebelumnya, Mahyeldi telah melepas satu ton ekspor bumbu rendang karya Koperasi Anak Minangkabau ke Hamburg, Jerman pada Juli 2022 dan melaksanakan kegiatan masak rendang (marandang) sedunia pada 2021.

"Kita bangga untuk bisa mendukung para pengusaha Sumatera Barat ekspor ke pasar Internasional. Pemprov Sumbar akan terus membantu dan mempermudah proses perizinan agar semakin mendorong ekspor," tutur Mahyeldi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar