Hukrim

IOM Siap Tangani Imigran di Riau


IOM Siap Tangani Imigran di Riau
net
Imigran
PEKANBARU, PESISIRNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) melakukan koordinasi dengan International Organization for Migration (IOM) di Indonesia.

Hal ini dilakukan, mengingat jumlah imigran yang ada di Provinsi Riau dikuatirkan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Hingga saat ini saja, warga imigran di Provinsi Riau sudah mencapai ribuan orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpolinmas Riau, Nizhamul, Rabu (26/3/2015) kemarin mengatakan, pihaknya mendapat tanggapan positif dari IOM. Dimana IOM berjanji akan membantu kebutuhan imigran selama berada di Provinsi Riau.

"Kemarin kita menghubungi Kepala Perwakilan IOM di Indonesia. Kedatangan kita pun disambut baik oleh IOM," sebutnya.

Dikatakan Nizhamul, pihak IOM sendiri mendukung penuh penanganan imigran di Provinsi Riau dengan memberikan perhatian secvara moril maupun materil. "Poin yang sangat penting, mereka siap untuk membantu mulai dari biaya tempat tinggal hingga biaya operasional seperti air dan listrik," terangnya.

Sebelumnya, pria yang sering disapa Among tersebut menjelaskan IOM sudah melihat langsung kondisi imigran yang ada di Provinsi Riau, sehingga bantuan tersebut akan segera dicairkan.

Namun, bantuan yang diberikan IOM tersebut memiliki syarat penting yang diataranya penanganan penanganan imigran dapat baik. "IOM meminta pada kita untuk melakukan penanganan terhadap imigran tersebut dilakukan dengan baik," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Among juga menjelaskan, IOM juga meminta kepada Pemprov, untuk menyediakan lokasi penampungan khusus bagi imigran tersebut. "Untuk seluruh biaya operasional penggunaan gedung, menjadi tanggungjawab IOM," paparnya.

Guna melancarkan wacana tersebut, ia mengatakan, pihak Pemprov akan melakukan koordinasi dengan Pemko Pekanbaru dan beberapa daerah yang memiliki daftra imigran. "Kita akan membahas mengenai tempat penampungan sementara yang cocok bagi imigran dan beberapa serta faktor penting lainnya," ulasnya.

Sementara itu, dengan adanya keterlibatan IOM itu, diharapkan dapat memecahkan persoalan tentang imigran. "Kita berharap penanganan imigran yang ada di Riau ini bisa berjalan dengan lancar," tuturnya. (ay)


Editor: Erick Afnando
Penulis: