Hukrim

Pelaku Empat Pembunuhan di Italia Ditangkap,Buron Selama 47 Tahun

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Pelaku Empat Pembunuhan di Italia Ditangkap,Buron Selama 47 Tahun

Ilustrasi (Istockphoto/BrianAJackson)

Jakarta,Mantan gerilyawan kiriItaliaCesare Battisti ditangkap di Boliviadan akan diekstradisi kenegaranya, kata seorang pejabatBrasil.Pria itu sudah menjadi buronan selama 37 tahun setelah kabur dari penjara pada 1981.

"Dia akan segera tiba di Brasil dan dari sini akan dipindahkan ke Italia untuk menjalani hukuman seumur hidup," jelas Filipe G. Martins, seorang asisten senior urusan internasional kepada PresidenJair Bolsonaro.

Battisti telah lama menjadi buron di Italia. Ia mendapat hukuman penjara seumur hidup di negara asalnya akibat empat pembunuhan yang dilakukan pada tahun 1970-an.

Dia melarikan diri dari penjara pada tahun 1981 dan tinggal di Prancis. Untuk menghindari ekstradisi, ia lantas terbang ke Brasil. Dia menghabiskan bertahun-tahun di Brasil sebagai pengungsi, yang didukung oleh mantan Presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva.

Namun, Bolsonaro, yang mulai menjabat pada 1 Januari, berjanji untuk mengirimnya kembali ke Italia. Pada Desember, hakim Mahkamah Agung Brasil memerintahkan penangkapan pria itu.

Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini mengucapkan terima kasih kepada polisi dan semua yang terlibat dalam penangkapan Battisti.

"Saya berterima kasih dengan sepenuh hati kepada presiden Jair Bolsonaro dan pemerintah baru Brasil atas perubahan iklim politik," katanya lewat sebuah pernyataan, Minggu (13/1).

Duta Besar Italia di Brazil Antonio Bernardini mencuit, "Battisti telah ditangkap! Demokrasi lebih kuat daripada terorisme.
"

Penulis: Zanoer

Sumber: CNNIndonesia