International

Ditemukan Ular Piton yang Tubuhnya Dihinggapi 500 Kutu, ini Penampakannya


Ditemukan Ular Piton yang Tubuhnya Dihinggapi 500 Kutu, ini Penampakannya

Pesisirnews.com - Penangkap ular di Australia telah menyelamatkan seekor piton yang dihinggapi ratusan kutu di atas sisiknya. Reptil yang diyakini tengah sakit dan dilapisi parasit itu berbaring di kolam renang halaman belakang di Gold Coast, Queensland. Seorang pawang profesional kemudian mengeluarkan ular itu dan membawanya untuk dirawat di klinik satwa liar.

"Dokter hewan menghilangkan lebih dari 500 kutu. Reptil itu diharapkan bisa pulih, kata penangkap ular Tony Harrison kepada BBC.

Pekerja Gold Coast and Brisbane Snake Catchers, Harrison mengatakan dia percaya ular piton yang diberi nama Nike berupaya menenggelamkan kutu-kutu itu di kolam. Tapi usahanya sia-sia.

"Jelas, (ular) itu terlihat sangat tidak nyaman. Seluruh wajahnya bengkak dan menggembung, reptil itu benar-benar kewalahan oleh kutu yang berkembang biak padanya," papar Harrison.

Harrison mengatakan melepaskan kutu-kutu dari ular itu rasanya seperti memegang sekantong kelereng yang bergerak di bawah tangan. Bikin merinding! katanya.


Ular memang kerap dihinggapi sejumlah kecil kutu atau parasit lain di alam liar, kata Associate Prof Bryan Fry dari University of Queensland. Namun kehadiran dalam jumlah besar mengindikasikan bahwa ular itu kemungkinan memiliki penyakit lainnya, katanya, mungkin karena stres panas atau kondisi kekeringan.

"Jelas itu adalah hewan yang sangat tidak sehat untuk memiliki pertahanan alami yang begitu bermasalah," kata Associate Prof Fry Aku ragu reptil itu mampu bertahan jika tidak dievakuasi dan mendapatkan perawatan."

Harrison kemudian mengatakan bahwa ular piton bernama Nike menderita infeksi. Dia akan menjalani perawatan di Currumbin Wildlife Sanctuary) sampai cukup sehat untuk dilepaskan lagi.

Penulis: admin

Sumber: Merdeka.com