International

Ribut!! ,Jendral Militer Iran Ancam Hancur kan Amerika Serikat

pesisirnews.com pesisirnews.com
Ribut!! ,Jendral Militer Iran Ancam Hancur kan Amerika Serikat

Jakarta,PESISIRNEWS.COM- Insiden yang terjadi antara kapal militer pasukan Garda Revolusi Iran (IRGCN) dengan kapal perang Amerika Serikat berbuntut panjang. Setelah ancaman dilontarkan Presiden AS Donald Trump, kini giliran Jenderal Iran memberi peringatan ke AS.


LIHAT JUGA :PLN-Tembilahan-Menyalurkan-70-Paket-Sembako-di-Lingkungan-Kantornya


"Saya telah memerintahkan pasukan angkatan laut kami untuk menghancurkan 'pasukan teroris' Amerika di Teluk Persia, yang mengancam keamanan kapal militer atau non militer Iran," kata Mayor Jenderal Hossein Salami, dikutip dari Reuters, Jumat (24/4/2020).


LIHAT JUGA :Empat-PDP-di-Rohil-Meninggal-Dunia--Cek-Selengkapnya-di-Sini---


"Keamanan Teluk Persia adalah bagian dari strategi prioritas Iran."


Ia menegaskan ancamannya serius. Karena menyangkut keamanan nasional.


"Kami akan menanggapi dengan tegas setiap sabotase," ujarnya.


Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyarankan Trump untuk fokus menangani pandemi virus corona (COVID-19) di AS. Negeri Pam Sam mencatat kasus terbanyak di dunia hingga 878 ribu jiwa, dengan 49 ribu kematian.


"Militer AS terhamtam infeksi COVID-19 lebih dari 5.000," katanya.


"Tentara AS seharusnya tidak memiliki urusan di wilayah yang jauhnya 7.000 mil dari rumah."


Sebelumnya, terjadi ketegangan di Teluk Arab, 15 April lalu. Angkatan Laut AS merilis sebuah video di mana 6 kapal perang AS dikelilingi 11 kapal militer milik Garda Revolusi Iran (IRGCN)


Kapal Perang AS itu, terdiri dari USS Lewis B.Puller, USS Paul Hamilton,USS Firebolt, USS Sirocco, USCGC Wrangell dan USCGC Maui. AS mengaku tengah berpatroli dengan helikopter militer Apacge AH-64E di perairan internasional.


Keduanya pihak hanya berjarak 10 meter. AS menyebut Iran berulang kali bermanuver mengelilingi kapal AS.


Trump tidak tinggal diam dengan hal tersebut. Ia mengeluarkan pernyataan memerintahkan militer menembak Iran jika itu terjadi lagi.


"Saya telah menginstruksikan Angkatan Laut AS untuk menembak jatuh dan menghancurkan setiap kapal perang Iran jika mereka melecehkan kapal kami di laut," tulisnya.

class="twitter-tweet">

I have instructed
the United States Navy to shoot down and destroy any and all Iranian
gunboats if they harass our ships at sea.

Donald J.
Trump (@realDonaldTrump) href="https://twitter.com/realDonaldTrump/status/1252932181447630848?ref_src=twsrc%5Etfw">April
22, 2020


Harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI), untuk kontrak Juni naik 20% dan berakhir di US$ 16,50 per barel. Brent juga menguat 4,7% ke US$ 21,33 per barel.


CNBC


Penulis: Haikal

loading...