International

Wow.. Singapura Bakal Robohkan Patung Singa Merlion di Sentosa Island


Wow.. Singapura Bakal Robohkan Patung Singa Merlion di Sentosa Island

Pesisirnews.com - Patung singa Merlion sebagai yang menjadi simbol negara Singapura dan salah satu objek wisata yang harus dikunjungi ketika datang ke Singapura, kemungkinan akan mulai ditutup pada 21 Oktober mendatang.


Lokasi kawasan wisata tugu "Kepala Singa, Berbadan Ikan" yang merupakan tugu tertinggi di Singapura tersebut akan dirobohkan dan diganti dengan sejumlah struktur baru. Dilansir dari Merdeka.com, rencananya di tempat itu akan dibuat jalan raya bertingkat, pedestrian, hingga proyek Sentosa Sensoryscape bernilai Rp 919 miliar.


Pembangunan konstruksi baru di bekas area Patung Sentosa Merlion yang dirobohkan "akan dimulai pada kuarter ke-4 (Q4) tahun 2019. (Sementara) tanggal penghancuran Patung Merlion Sentosa tergantung pada rencana pembangunan konstruksi baru, yang masih dalam proses finalisasi," kata pengelola Sentosa Development Coorporation (SDC) dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com.


Rencana penghancuran Merlion Sentosa akan menandai tonggak awal mega proyek ambisius Sentosa-Brani Master Plan, menjadikan Sentosa dan Pulai Brani yang berdekatan sebagai destinasi wisata "raksasa" Negeri Singa.


Namun, Patung Sentosa Merlion bukan satu-satunya. Patung Merlion ini memiliki enam "saudara" yang tersebar di seantero negara-kota Asia Tenggara, bahkan beberapa ada di negara lain.


Berikut adalah fakta-fakta tentang Merlion.


1. Sejarah Marlion


Awal mula Merlion dengan kepala singa dan badan ikan dirancang pada 1964 oleh ahli zoologi Inggris Alec Fraser-Brunner untuk menjadi logo Singapore Tourist Promotion Board, yang sekarang telah menjadi Singapore Tourism Board (STB).


Kepala singa merujuk pada Sang Nila Utama, pangeran Sriwijaya yang mengklaim menamai pulau ujung Semenanjung Malaysia itu sebagai Singapura atau "kota singa". Sementara tubuh ikan sebagai simbol negara tersebut yang dulunya adalah "desa nelayan".


2. Patung Pertama Marlion


Patung tersebut dibuat oleh pemahat Lim Nang Seng, yang dirancang oleh Kwan Sai Kheong, duta besar Singapura untuk Filipina, dan diresmikan oleh perdana menteri pendiri Lee Kuan Yew pada 1972.


Patung tersebut tinggi 8 m dan berat 70 ton, patung ini berdiri di Taman Merlion, menghadap ke Teluk Marina.


3. Total 7 Marlion di Singapura


Total patung Merlion ada tujuh di Singapura, termasuk yang tertinggi di Sentosa dan dua di Merlion Park.


Dua dari empat patung lainnya, setinggi 3 m, berada di puncak Gunung Faber dan markas Singapore Tourism Board dekat Grange Road. Dua Merlions yang tersisa adalah sepasang di Ang Mo Kio Avenue 1. Mengapit pintu masuk tempat parkir yang mengarah ke Blok 216 hingga 222, makhluk itu dibangun pada 1998 dengan harga SGD 30.000 oleh Komite Perumahan Ang Mo Kio.


4. Merlion tertinggi di Singapura


Patung Merlion Sentosa merupakan Merlion tertinggi buatan pematung Australia James Martin tahun 1995 dengan nilai USD 8 juta. Pengunjung membayar SGD 6,20 hingga SGD 18 untuk memasuki Merlion setinggi 37 m, yang menjadi tempat pameran seperti kisah animasi 3D tentang bagaimana Sang Nila Utama menemukan Singapura. Mereka juga dapat menikmati pemandangan cakrawala kota dan Sentosa dengan melihat keluar dari kepala atau mulut Merlion.(***)

Penulis: admin

loading...
loading...