International

Amerika Serikat Bulan Depan Akan Jadi Tuan Rumah KTT Khusus ASEAN-AS


Amerika Serikat  Bulan Depan Akan Jadi Tuan Rumah KTT Khusus ASEAN-AS

KTT ASEAN-AS ke-6 diselenggarakan di Singapura pada 15 November 2018. (ASEAN.org)

(Pesisirnews.com) - ASEAN dan Amerika Serikat (AS) akan mengadakan KTT Khusus untuk merayakan empat setengah dekade Hubungan Dialog ASEAN-AS, pada 12-13 Mei 2022, di Washington DC, menurut pernyataan pers Ketua ASEAN yang dikutip dari Khmer Times, Minggu (17/4/2022).

“KTT Khusus juga akan menegaskan kembali komitmen bersama kami untuk menegakkan Sentralitas dan persatuan ASEAN melalui mekanisme yang dipimpin ASEAN yang ada, serta untuk menumbuhkan rasa saling percaya dan percaya diri untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan ini,” ungkap pernyataan pers tersebut menggarisbawahi.

Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden akan bertemu untuk membahas cara dan sarana untuk mengintensifkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk respons Covid-19 dan keamanan kesehatan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, kerja sama maritim, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, dan ikatan people-to-people, serta konektivitas dan keterlibatan ekonomi.

“Ini adalah KTT Khusus kedua sejak 2016 dan keterlibatan langsung pertama bagi para pemimpin kami sejak 2017,” tambah pernyataan tersebut.

Mereka juga akan bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan dan perhatian bersama, lanjutnya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar