International

China Bantu 100.000 Orang di Pedesaan Uganda Dapat Mengakses TV Satelit


China Bantu 100.000 Orang di Pedesaan Uganda Dapat Mengakses TV Satelit

Murid-murid menghadiri kelas tentang Ebola menggunakan proyektor StarTimes di Sekolah Dasar St. Claire di Kampala, Uganda, 13 Oktober 2022. (Foto: Hajarah Nalwadda/Xinhua)

WAKISO (Pesisirnews.com) - China telah menyelesaikan instalasi proyek televisi satelit di 900 desa Uganda yang akan membantu masyarakat pedesaan menjembatani kesenjangan informasi dan mengatasi tantangan konektivitas.

Chris Baryomunsi, menteri Informasi, Komunikasi, Teknologi dan Bimbingan Nasional Uganda, meresmikan upacara serah terima yang diadakan di Desa Katabi di distrik Wakiso, Uganda tengah, Senin.

Dia memuji China atas dukungan teknisnya ke Uganda, dengan mencatat bahwa dukungan itu akan mendorong pembangunan di masyarakat.

Aoge Mengdai, chief executive officer StarTimes Uganda, kontraktor proyek, mengatakan 900 desa telah terhubung ke layanan televisi satelit sejak 2018 ketika proyek dijalankan.

Kini lebih dari 100.000 orang di 18.000 rumah tangga, 2.700 sekolah dan pusat kesehatan memiliki akses ke televisi satelit.

“Manfaatnya lebih dari sekadar mengakses TV. Anak-anak ini sekarang dapat mengakses pembelajaran televisi dan demonstrasi video yang sangat berguna dalam pembelajaran praktis. Mereka juga dapat membandingkan dengan sekolah lain di luar komunitas mereka,” kata Mengdai dikutip Xinhua, Selasa (18/10).

Dia menambahkan bahwa orang dewasa sekarang dapat mengakses informasi kesehatan dan komersial utama, serta membandingkan impian mereka dengan komunitas berkembang lainnya.

Pada KTT Johannesburg Forum Kerjasama China-Afrika (FOCAC) yang diadakan di Afrika Selatan pada tahun 2015, pemerintah China berjanji untuk menyediakan televisi satelit untuk 10.000 desa di Afrika. (PNC)

Penulis:

Editor: Anjar