International

China Umumkan 801 Kasus Baru Covid-19, Puluhan Ribu Turis Terjebak Lockdown di Kota Wisata


China Umumkan 801 Kasus Baru Covid-19, Puluhan Ribu Turis Terjebak Lockdown di Kota Wisata

Ilustrasi: Kota wisata Sanya di Provins Hainan, China. (Kredit: freepik. com)

HAINAN (Pesisirnews.com) - Komisi Kesehatan China di Provinsi Hainan mengumumkan kasus baru Covid-19 sebanyak 801 suspek. Keadaan itu membuat pejabat pemerintahan setempat melakukan penguncian wilayah (lockdown) yang membuat lebih dari 80.000 turis terjebak di Sanya, sebuah kota resor pesisir di Provinsi Hainan.

Dari tanggal 1 hingga 7 Agustus, Sanya yang juga dikenal sebagai "Hawaii China" telah mendaftarkan 801 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan 409 infeksi tanpa gejala, ungkap komisi kesehatan Provinsi Hainan sebagaimana dilaporkan Xinhua, Senin waktu setempat.

Satuan tugas dibentuk untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh lebih dari 80.000 turis yang terdampar di kota itu, seperti pengembalian uang perjalanan. Kota juga telah memerintahkan hotel untuk menawarkan diskon 50 persen untuk tamu yang ‘terdampar’.

Sementara itu, petugas medis bekerja sepanjang waktu di lokasi pengujian asam nukleat di seluruh kota.

Wei Dixia, kepala perawat di Rumah Sakit Rakyat Sanya, mengatakan tempat tes Covid-19 di rumah sakitnya buka 24 jam sehari dan mengambil sampel sekitar 4.000 orang per hari.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar