International

Dr. Marian Khatib, Muslimah Pertama yang Menjabat Direktur Pusat Bedah Payudara di Israel


Dr. Marian Khatib, Muslimah Pertama yang Menjabat Direktur Pusat Bedah Payudara di Israel

Dr. Marian Khatib, wanita Arab pertama yang menjadi ahli bedah payudara di Israel, sekaligus menjabat sebagai Direktur Pusat Bedah Payudara di Tel Aviv. (Foto: Miri Gattenyo/Ichilov)

TEL AVIV, Pesisirnews.com - Dr. Marian Khatib (40), adalah wanita Arab Palestina pertama yang menjadi ahli bedah payudara di Israel, sekaligus menjabat sebagai Direktur Pusat Bedah Payudara di Tel Aviv Sourasky Medical Center (Rumah Sakit Ichilov).

Dia juga satu-satunya ahli bedah payudara onconoplastic di sistem kesehatan masyarakat di Israel yang melakukan reseksi dan rekonstruksi pasien kanker payudara.

Ibu dua anak ini lahir di Amerika Serikat (AS) dari orang tua Arab Palestina-Israel, yang kembali ke Israel ketika dia masih bayi.

Saat masih kanak-kanak, orangtua Khatib menilai bahwa anaknya ini memiliki bakat khusus dan mereka memutuskan untuk berinvestasi dalam pendidikannya.

Orangtua Khatib kemudian memutuskan pindah ke Acre dan mengirim Khatib sekolah di Haifa, di mana dia bisa menerima kelas pengayaan. Setelah lulus, Khatib mulai belajar kedokteran di The Hebrew University di Yerusalem.

Pada tahun keempatnya, Khatib mengatakan dia tidak yakin bahwa dia bahkan akan terus belajar menjadi dokter. Tapi kemudian, di tahun kelima dia sudah menjalani praktek operasi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar