International

Fenomena Peningkatan Pecandu Narkoba dan Pelecehan Seksual di Irak

Anjar Anjar
Fenomena Peningkatan Pecandu Narkoba dan Pelecehan Seksual di Irak

Ilustrasi: Perbatasan Irak-Iran yang jadi jalur perlintasan masuknya narkoba dari Iran ke Irak. (Foto: AFP)

(Pesisirnews.com) - Fenomena penyebaran narkoba di beberapa kalangan di Irak semakin lama makin meningkat dan bertambah mengkhawatirkan.

Sebuah pernyataan resmi yang dikutip dari alhadath.net Kamis (21/4), mengungkap bahwa selain narkoba tingkat pelecehan seksual di kalangan anak muda juga mencapai tingkat yang tinggi, terutama kategori mahasiswa dan pelajar sekolah, serta pengangguran.

Direktorat Pengawasan Narkotika dan Psikotropika Kementerian Dalam Negeri Irak sebelumnya mengungkapkan jumlah resmi yang diwakili dalam penangkapan lebih dari 17.000 tersangka penggunaan narkoba dan perdagangan ilegal di Irak meningkat hanya dalam waktu 22 bulan.

Sementara itu, pernyataan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Keamanan Nasional menegaskan bahwa pengejaran dan penangkapan pengedar narkoba terus berlanjut, mencatat bahwa beberapa dari mereka (pelaku narkoba) telah mencapai titik baku tembak dengan aparat keamanan.

Otoritas kehakiman juga telah menjatuhkan hukuman terhadap para terpidana atas tuduhan ini, mulai dari pengurangan hukuman penjara bagi pengguna narkoba hingga hukuman penjara yang berat bagi pengedar dan bandar narkoba.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar