International

Imbangi Drone Turki, Armenia Akan Membeli Drone Militer Buatan India

Anjar Anjar
Imbangi Drone Turki, Armenia Akan Membeli Drone Militer Buatan India

Ilustrasi: Drone tempur Rustom II buatan India. (Hindustan Times)

NEW DELHI (Pesisirnews.com) - Delegasi pertahanan Armenia dilaporkan telah mengunjungi India untuk menjajaki kemungkinan membeli drone tempur buatan India dan senjata lainnya.

Seorang pejabat India yang tidak bersedia disebutkan namanya, mengatakan bahwa militer Armenia tertarik untuk membeli pesawat tak berawak buatan India.

“Delegasi (Armenia) datang dengan membawa “daftar belanja" ketika bertemu dengan pejabat India bulan lalu,” katanya mengutip laman Fighter Aircrafts, Jumat.

Adapun publikasi online tidak memberikan rincian lain dari pembicaraan tersebut dan tidak disebutkan apakah ada kesepakatan yang dicapai oleh kedua belah pihak.

Namun sejumlah kalangan menilai jika kunjungan tersebut juga terkait dengan konflik bersenjata antara Armenia-Azerbaijan yang kembali meletus baru-baru ini. Disamping itu, adanya kebutuhan Armenia terhadap drone tempur untuk mengimbangi drone tempur milik Azerbaijan.

Terpisah, Kementerian Pertahanan Armenia pada hari Jumat menolak mengomentari laporan kunjungan perwakilannya ke India atau minatnya yang lebih luas pada perangkat keras militer buatan India.

Mengunjungi Yerevan awal bulan ini, seorang pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri India mengatakan bahwa India dan Armenia sedang mendiskusikan kerja sama militer jangka panjang sebagai bagian dari upaya mereka untuk memperdalam hubungan kedua negara.

Pejabat itu, Sanjay Verma, berbicara selama sesi komisi antar pemerintah India-Armenia tentang kerja sama bilateral.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Ararat Mirzoyan, yang ikut memimpin sesi dengan Verma, menyebutkan, “Pertahanan dan kerja sama teknis militer” di antara bidang-bidang yang sangat menjanjikan bagi negara kita.”

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f