International

Ini Peta Kekuatan Negara Negara Super Power Dunia, Yang Memiliki Senjata Nuklir

pesisirnews.com pesisirnews.com
Ini Peta Kekuatan Negara Negara Super Power Dunia, Yang Memiliki Senjata Nuklir


PESISIRNEWS.COM - Lima Negara Super Power dunia sudah sepakat untuk mengakhiri penyebaran senjata nuklir dan perang nuklir, negara tersebut adalah China, Amerika Serikat, Rusia, Inggris dan Perancis. Negara super power dunia menilai sudah menjadi bentuk tanggung jawab mereka untuk menghindari perang antar sesama negara nuklir dan mengurangi resiko sekaligus mengajak bekerja sama sama negara lain untuk menciptakan dunia yang lebih aman.

Dilansir dari merdeka.com. 'Kami mengakui perang nuklir tak bisa di menangkan dan tidak harus dilakukan," kata pernyataan lima negara tersebut, seperyi dilansir halaman Reuters, selasa (4/01).

Dalam sejarah penggunaan senjata nuklir, Amerika Serikat pernah berharap meningkatkan monopoli persenjataan barunya, tetapi rahasia dan teknologi untuk pengembangan bom atom segera menyebar. AS melakukan tes ledakan nuklir pertama kalinya pada juli1945 dan meledakkan dua bom atomnya pada bulan agustus 1945 didua kota Jepang Hiroshima dan Nagasaki.

Hanya empat tahun kemudian. Uni Soviet melakukan tes nuklir pertamanya. Inggris kemudian menyusul pada tahun 1952, Prancis tahun 1960 dan China pada tahun 1964.

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com