International

Ini Syarat yang Diajukan Sudan untuk Menormalisasi Hubungan dengan Israel

Anjar Anjar
Ini Syarat yang Diajukan Sudan untuk Menormalisasi Hubungan dengan Israel

PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Presiden Dewan Kedaulatan Sudan, Abdel Fattah. Foto via aljazeera.net.

KHARTOUM, Pesisirnews.com - Peta kebijakan politik luar negeri negara-negara Arab di kawasan Timur Tengah terhadap normalisasi hubungan mereka dengan Israel pasca kekalahan Presiden AS Donald Trump, ternyata masih terus berjalan.

Sebelumnya, banyak pengamat politik menilai, kekalahan Trump bisa berdampak pada berakhirnya upaya ‘mendamaikan’ negara-negara Arab Timur Tengah dengan Israel karena Trump selama ini dikenal sangat ‘pro’ terhadap Israel.

Namun, setelah usai pilpres AS dengan hasil kekalahan Trump, upaya Amerika menjembatani normalisasi hubungan negara-negara Arab dengan Israel masih terus berlangsung.

Setelah Uni Emirat Arab dan Bahrain, Arab Saudi di gadang-gadang akan segera menormalisasi hubungannya dengan Israel, terlebih, baru-baru ini Arab Saudi telah mengizinkan wilayah udaranya dilintasi oleh pesawat komersial Israel.

Tetapi, sebagian kalangan berpendapat tujuan tersebut (normalisasi Arab Saudi-Israel), masih jauh dari kemungkinan terjadi kerena beberapa faktor yang dianggap krusial.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...