International

Kemenhan Rusia Luncurkan Drone Baru yang Diklaim Mampu Ganggu Kinerja Satelit Starlink


Kemenhan Rusia Luncurkan Drone Baru yang Diklaim Mampu Ganggu Kinerja Satelit Starlink

Ilustrasi: Drone "Mosquit" yang diklaim Rusia mampu mengganggu kinerja satelit Starlik. (Foto: Pesisirnews.com via sm.news)

MOSKOW (Pesisirnews.com) - Untuk pertama kalinya, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengungkapkan pekerjaan kru drone "Mosquit" di area operasi militer khusus, yang menunjukkan kemampuan saluran komando ini dalam mencegah musuh mengirimkan informasi.

Laporan kantor berita TASS pada Rabu, menyebut jenis drone ini juga digunakan untuk pengintaian nirkabel, elektronik, dan optoelektronik, serta untuk menemukan dan membungkam stasiun komunikasi seluler.

Disamping itu, Kemenhan Rusia juga mengklaim jika drone yang baru ini mampu mengganggu kinerja satelit Starlink yang berada di orbit rendah Bumi.

Sebelumnya, sebagaimana telah dinyatakan Elon Musk selaku pemilik Starlink, bahwa pihaknya akan membantu Ukraina dalam penyediaan akses komunikasi dan internet yang mengalami gangguan dari pihak Rusia.

Salah satu komandan faksi penghubung mengatakan: "Kami menemukan unit dan individu militer Ukraina yang mengarahkan drone ke pasukan dan melakukan penyesuaian dalam tembakan artileri. Kami juga menemukan sumber transmisi radio, menentukan lokasi dan koordinatnya, dan mengirimkan informasi itu kepada unit bersenjata.”

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar