International

Kronologi Ibu Kota Kabul Jatuh ke Tangan Taliban dan Pendudukan Istana Kepresidenan Afghanistan


Kronologi Ibu Kota Kabul Jatuh ke Tangan Taliban dan Pendudukan Istana Kepresidenan Afghanistan

Taliban menyatakan perang di Afghanistan sudah berakhir setelah kelompok itu menduduki istana kepresidenan di Kabul pada Minggu (15/8). (AP/Zabi Karimi)

KABUL, Pesisirnews.com - Taliban kini telah memasuki dan menguasai istana kepresidenan Afghanistan, dan wilayah Ibu Kota Kabul.

Kronologi bagaimana kelompok militan tersebut menguasai Afghanistan dalam waktu yang cepat telah menjadi sorotan publik luas.

Dikutip dari CNN, Senin (16/8/2021), kurang dari sebulan setelah teroris yang terkait dengan al Qaeda melakukan serangan 9/11 pada 2001, pasukan Amerika Serikat dan sekutu memulai invasi ke Afghanistan yang disebut sebagai Operation Enduring Freedom, dalam upaya menghentikan Taliban menyediakan tempat yang aman bagi al Qaeda dan untuk menghentikan serangan.

Pada 7 Desember 2001, Taliban kehilangan benteng besar terakhirnya saat kota Kandahar jatuh. Sejak itu, kelompok tersebut telah berusaha untuk mendapatkan wilayah di Afghanistan selama pasukan AS berada di sana dan melalui berbagai pemerintahan.

Kemudian pada Januari 2017, Taliban mengirim surat terbuka kepada Donald Trump, yang pada saat itu baru terpilih menjadi presiden AS - memintanya untuk menarik pasukan AS dari Afghanistan.

Antara 2017 hingga 2019, sempat ada upaya pembicaraan damai antara AS dan Taliban yang tidak pernah berujung menjadi kesepakatan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar