International

Langkah Trump di Pengujung Jabatan: Maroko Siap Normalisasi Hubungan dengan Israel

Anjar Anjar
Langkah Trump di Pengujung Jabatan: Maroko Siap Normalisasi Hubungan dengan Israel

Presiden AS Donal Trump. (Foto AP / Patrick Semansky)

WASHINGTON, Pesisirnews.com - Associated Press (AP) pada Kamis (10/12/2020) melaporkan Israel dan Maroko telah sepakat untuk menormalisasi hubungan ketika Presiden Donald Trump, dalam minggu-minggu terakhir masa jabatannya, mengumumkan perjanjian Arab-Israel keempat selama empat bulan terakhir.

Dalam perubahan kebijakan besar terkait, Amerika Serikat setuju untuk mengakui klaim Maroko atas wilayah Sahara Barat yang telah lama disengketakan sebagai bagian dari kesepakatan.

"Karena itu sudah sepantasnya kita mengakui kedaulatan mereka atas Sahara Barat," kata Trump.

Perjanjian tersebut menambah warisan Trump di Timur Tengah tepat ketika Joe Biden bersiap untuk mengambil alih kursi kepresidenan pada Januari dengan tujuan memperbaiki kebijakan Amerika di kawasan itu, mulai dari Iran, Irak, dan seterusnya.

Bersama Israel, Biden telah berjanji untuk kembali ke posisi AS yang lebih tradisional, terutama terkait dengan Palestina dan aspirasi mereka untuk menjadi negara merdeka.

Trump mengatakan Israel dan Maroko akan memulihkan hubungan diplomatik dan lainnya, termasuk pembukaan kembali segera kantor penghubung di Tel Aviv dan Rabat, pembukaan kedutaan besar dan hak penerbangan bersama untuk maskapai penerbangan kedua negara.

Perjanjian tersebut dibangun di atas salah satu pencapaian kebijakan luar negeri utamanya, memenangkan pengakuan yang lebih luas atas Israel di dunia Arab di bawah rubrik "Abraham Accords."

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...