International

Liga Arab Desak Komunitas Internasional Angkat Suara atas Serangan Israel ke Palestina


Liga Arab Desak Komunitas Internasional Angkat Suara atas Serangan Israel ke Palestina

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu (4 dari kiri) berbincang dengan Faisal bin Farhan (4 dari kiri) di Makkah (Foto: SPA via Reuters)

ANKARA, Pesisirnews.com - Turki dan Arab Saudi berkomitmen untuk meneruskan pembicaraan setelah kedua negara dilanda perpecahan akibat berbagai isu.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan bertemu mitaranya dari Turki Mevlut Cavusoglu di Makkah, Selasa (11/5/2021), membahas perbaikan hubungan kedua negara.

Kedua pejabat sepakat mempertahankan dialog untuk mengatasi perbedaan, meningkatkan hubungan bilateral, di samping membahas kekerasan Israel di Yerusalem dan Gaza, Palestina.

Menlu Turki Akan Berkunjung ke Arab Saudi pekan depan membahas hubungan Saudi dan Turki, dan beberapa isu, seperti dukungan Turki terhadap Qatar, negara yang sempat dipinggirkan oleh tetangganya di Teluk atas tuduhan mendukung kelompok Ikhwanul Muslimin.

Selain itu kedua negara bersitegang soal pembunuhan jurnalis pengkritik Pangeran Mohammed bin Salman, Jamal Khashoggi, yang kasusnya memicu perhatian seluruh dunia.

Dampak dari ketegangan itu, Saudi memboikot perdagangan Turki.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar