International

Mantan Menlu AS Mike Pompeo Klaim India-Pakistan Nyaris Perang Nuklir


Mantan Menlu AS Mike Pompeo Klaim India-Pakistan Nyaris Perang Nuklir

Mantan Menlu AS Mike Pompeo.

(Pesisirnews.com) - Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, menyampaikan pernyataan yang cukup mengejutkan yang menyebut bahwa India dan Pakistan nyaris perang nuklir pada 2019.

Dilansir dari BBC, Kamis, pernyataan tersebut disampaikan Mike Pompeo dalam bukunya 'Never Give An Inch:Fight for the America I Love'.

Mike menulis dalam bukunya, “Saya rasa seluruh dunia tidak tahu seberapa dekat India dan Pakistan dalam perang nuklir pada Februari 2019. Yang saya tahu adalah bahwa dua negara berdiri di perbatasan terakhir serangan nuklir. Diketahui bahwa pada Februari 2019, pesawat tempur India menghancurkan pusat pelatihan Jais-e-Mohammed di Balakot, Pakistan. Kejadian ini terjadi setelah pembunuhan 40 jawans CRPF di Pulwama”.

Pada saat serangan Pulwama, Presiden AS Donald Trump saat itu sedang berada di Hanoi, Vietnam untuk bertemu dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un. Pendamping Trump saat itu adalah Mike Pompeo.

Pompeo menulis, saya berada di Hanoi, Vietnam saat itu. Saya tidak akan pernah melupakan malam itu. Berbicara dengan Korea Utara tentang senjata nuklir tidaklah cukup.

Sementara itu, India dan Pakistan mulai saling mengancam karena sengketa perbatasan Kashmir selama puluhan tahun.

Serangan teroris terjadi di Pulwama yang mengakibatkan 40 orang tewas memicu India melancarkan serangan udara. Sebagai tanggapan, Pakistan menghancurkan sebuah pesawat India dalam pertempuran udara dan menangkap seorang pilot.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar