International

Melihat Suasana Tahun ke-3 Kebebasan Perayaan Natal di Arab Saudi


Melihat Suasana Tahun ke-3 Kebebasan Perayaan Natal di Arab Saudi

Salah satu toko di Arab Saudi yang menjual pernak-pernik Natal. (AFP)

RIYADH (Pesisirnews.com) - Tahun 2022 merupakan tahun ke-3 kebebasan merayakan Natal di Arab Saudi. Perayaan Natal yang dulunya hanya boleh dilakukan secara tertutup kini bisa dirayakan secara lebih terbuka setelah undang-undang terkait dekorasi Natal di muka umum diubah kerajaan pada tahun 2020.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis, sekarang pedagang bisa memajang pernak-pernik natal di etalase toko mereka untuk dijual, dan penduduk bisa memajang dekorasi keagamaan untuk memeriahkan hari raya Natal di rumahnya masing-masing.

“Ini mengingatkan saya pada London dan salju. Saya mendapatkan gingerbread latte dan teman saya mendapatkan hot chocolate dengan s'mores," kata Hatoon, penduduk ekspatriat Arab Saudi yang sedang menikmati minuman di salah satu toko di Jeddah kepada Bloomberg.

"Koleksi musim dinginnya beludru dan sangat bertema Natal, mengingatkan saya pada Natal di Inggris,” tambahnya.

Di masa lalu, perayaan non-Muslim tidak diakui secara publik di kerajaan tersebut. Tetapi segera setelah Visi Putra Mahkota Mohammed bin Salman 2030 diumumkan, festival keagamaan dan lainnya boleh dirayakan.

“Saya telah berada di sini selama delapan tahun dan saya telah melihat negara berkembang menjadi sesuatu yang membuatnya lebih disukai oleh ekspatriat,” kata Myka Monasterial, seorang perawat terdaftar.

Di masa lalu, Ms Monasterial akan bertukar hadiah, menyanyikan lagu-lagu Natal dan menggantung dekorasi Natal di rumahnya. Dulu, seringkali sulit menemukan ornamen perayaan Natal yang dijual bebas.

“Tapi baru dua tahun yang lalu, saya sangat senang menyaksikan dekorasi Natal pertama dipasang di pusat perbelanjaan di Jeddah,” ujarnya.

“Ini memberi saya kegembiraan dan harapan untuk menjadi bagian dari langkah negara untuk menjadi lebih terbuka dan mengakui tradisi dan budaya lain.”

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar